Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Dikabarkan Bertemu Petinggi Hyundai & LG, Jadi nih Pabrik Baterai?

Sumber mengatakan Luhut bertemu dengan Presiden Solusi Energi LG Kim Jong-hyun Senin pagi dan mengunjungi Hyundai Motorstudio Goyang di Provinsi Gyeonggi pada sore hari bersama dengan Ketua Hyundai Motor Group Chung Euisun.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Seoul untuk bertemu dengan para pemimpin politik dan bisnis Korea Selatan selama 4 hari memicu spekulasi bahwa Hyundai Motor dan LG Energy Solution akan segera menandatangani kesepakatan untuk membentuk usaha patungan baterai kendaraan listrik di Indonesia.

Luhut dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan CEO Hyundai Motor dan LG Energy Solution pada Senin (24/5/2021), menurut sumber di lingkaran bisnis Korsel seperti dikutip dari pulsenews.co.kr, Selasa (25/5/2021).

Sumber mengatakan Menteri Luhut bertemu dengan Presiden Solusi Energi LG Kim Jong-hyun Senin pagi dan mengunjungi Hyundai Motorstudio Goyang di Provinsi Gyeonggi pada sore hari bersama dengan Ketua Hyundai Motor Group Chung Euisun.

Menteri Luhut terbang ke Seoul pada hari Senin sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan investasi di Indonesia dari komunitas bisnis Korea, sambil berdiskusi tentang berbagai proyek termasuk kemungkinan kesepakatan usaha patungan dari Hyundai Motor dan LG Energy Solution untuk mendirikan pabrik sel baterai di Tenggara. Di akan tinggal di Seoul sampai Jumat (30/5/2021).

Pertemuan berturut-turut Luhut dengan Ketua Hyundai Motor Group Chung dan Presiden LG Energy Solution Kim telah memicu spekulasi bahwa kedua konglomerat Korsel itu akan segera menandatangani kesepakatan untuk membentuk usaha patungan bisnis kendaraan listrik di Indonesia.

Kedua perusahaan telah bernegosiasi mengenai investasi di pabrik sel baterai di Indonesia selama 2 tahun terakhir, tetapi belum ada kesepakatan akhir yang tercapai.

Hyundai Motor, yang menjalankan pabrik produksi mobil di Indonesia sedang mempertimbangkan untuk memproduksi kendaraan listrik dari pabrik yang ada di Bekasi tersebut mulai akhir tahun ini.

LG Energy Solution telah membentuk konsorsium dengan Posco dan Huayou Holding China untuk investasi produksi baterai lainnya di negara tersebut.

Menteri Luhut juga dijadwalkan bertemu dengan Chairman KB Financial Group Yoon Jong-kyu dan CEO Samsung Electronics, Lotte Group dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, serta Chairman Korea International Trade Association (KITA) Koo Ja-yeol, Ketua Korea Federation of Banks Kim Kwang-soo, Menteri Perdagangan dan Industri Moo Sung-wook, Menteri Lingkungan Han Jeoung-ae, dan Menteri Kelautan & Perikanan Moon Seong-hyeok.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengawali harinya dengan mengunjungi Genexine di Sungnam sebelum bertemu dengan perwakilan industri farmasi dari SD Biosensor, Sungwun Pharmacopia, dan Sugentech.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper