Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Tinjau Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Progresnya

Presiden Jokowi meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk mengetahui secara langsung progres pembangunannya agar segera beroperasi.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  12:34 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan resmi terkait pemberhentian 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK), Senin (17/5/2021)  -  Youtube Sekretariat Presiden RI
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan resmi terkait pemberhentian 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK), Senin (17/5/2021) - Youtube Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kota Bekasi, Selasa (18/5/2021). Presiden mengatakan hingga hari ini progres pembangunannya telah mencapai 73 persen.

"Siang hari ini saya melihat dan berkunjung untuk melihat progres perkembangan pengerjaan konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Saya melihat progres sampai hari ini, tadi dilaporkan pada saya telah selesai 73 persen," kata Jokowi, Selasa (18/5/2021).

Menurutnya, awal tahun depan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah masuk ke persiapan untuk operasi. Dia juga berharap pada akhir 2022, fasilitas transportasi ini sudah bisa diuji coba.

"Tentu saja setelah uji coba langsung masuk pada operasional," sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga berharap Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini bisa terintegrasi dengan MRT dan LRT Jakarta sehingga bisa memberikan efisiensi waktu dan kecepatan bagi masyarakat selaku pengguna.

Kehadiran kereta cepat ini, sambungnya, juga bisa menjadi daya saing bagi Indonesia dengan negara-negara lainnya.

"Kita berharap dari pembangunan kereta cepat ini ada transfer of technology yang kita harapkan SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan ini. Kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan [kereta cepat] ini akan diperpanjang sampai ke Surabaya," tutupnya.

Sebagai informasi, dalam kunjungannya Jokowi didampingi Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi.

Lokasi pertama yang dikunjungi Jokowi adalah Casting Yard #1 yang tepatnya berada di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Lokasi tersebut merupakan salah satu fasilitas pendukung produksi dan distribusi box girder yang digunakan sebagai penyusun struktur trase proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Lokasi selanjutnya adalah Tunnel #1 proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, di Kelurahan Jaticempaka, Pondokgede, Kota Bekasi.

Pembangunan kereta cepat saat ini digarap oleh PT Kereta Cepat Indonesia-Cina atau KCIC yang berjalan secara paralel. Pembangunan ditargetkan rampung pada 2022. Pembangunan yang dimaksud mulai dari pembangunan jalur kereta, pembangunan stasiun dan sarana penunjang lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Kereta Cepat
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top