Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masih Pandemi, Pertemuan Tahunan World Economic Forum 2021 di Singapura Batal 

World Economic Forum menyatakan pembatalan pertemuan khusus tahun ini disebabkan oleh ketidakpastian global akibat pandemi Covid-19.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  06:39 WIB
World Economic Forum - Istimewa
World Economic Forum - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pertemuan khusus tahunan World Economic Forum dibatalkan 3 bulan sebelum waktu pelaksanaan yang telah direncanakan, yaitu pada Agustus di Singapura.

Dilansir Channel News Asia (CNA) pada Senin (17/5/2021), WEF menyatakan pembatalan tersebut disebabkan oleh ketidakpastian global akibat pandemi Covid-19.

WEF menyampaikan dalam pernyataan resmi bahwa situasi krisis yang terjadi di hampir seluruh negara menyebabkan pertemuan tahunan antara pelaku bisnis, pemerintah, dan pemimpin masyarakat sipil global bertemu.

"Kondisi yang tidak diinginkan di penjuru dunia, situasi perjalanan yang tidak pasti, kecepatan vaksinasi yang berbeda dan adanya varian virus baru menyebabkan tidak mungkinnya sebuah pertemuan global pada skala yang telah direncanakan," kata WEF.

Pembatalan ini terlepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh Pemerintah Singapura. Rencananya, pertemuan tahunan WEF selanjutnya akan dilaksanakan pada semester I/2022 dengan lokasi dan tanggal yang akan ditetapkan berdasarkan kajian pada musim panas mendatang.

Adapun, Singapura dijadwalkan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan WEF dari 17 Agustus hingga 20 Agustus 2021, setelah rencana pelaksanaan pada Mei diundur karena larangan perjalanan akibat Covid-19 di penjuru dunia.

Sebelumnya, Founder dan Ketua Eksekutif WEF Klaus Schwab telah mengunjungi Singapura pada Februari lalu untuk menyiapkan pertemuan pada Agustus mendatang.

Terkait pembatalan pertemuan pada 2021, Schwab mengatakan hal ini merupakan keputusan yang sulit karena melihat keinginan para mitra untuk bertemu secara langsung.

"Namun, kesehatan dan keselamatan setiap orang merupakan prioritas utama kami," jelasnya.

Sementara itu, Pemerintah Singapura melalui Kementerian Perdagangan dan Industri menyatakan mengapresiasi penuh keputusan tersebut yang dilatarbelakangi oleh pandemi global yang masih berlangsung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura World Economic Forum Covid-19

Sumber : Channel News Asia

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top