Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPS Laporkan 10 Provinsi Cetak Pertumbuhan Ekonomi Positif di Kuartal I/2021

Beberapa pulau telah mencatat pertumbuhan yang positif, sebagian besar merupakan pulau di Indonesia Timur, di antaranya Sulawesi sebesar 1,2 persen, serta Maluku dan Papua tumbuh 8,97 persen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 05 Mei 2021  |  12:08 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto memberikan paparan dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (6/2 - 2019). Bisnis
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto memberikan paparan dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (6/2 - 2019). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto menyampaikan pada kuartal I/2021 sebanyak 10 provinsi di Indonesia telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif.

Meski demikian, dia menjelaskan, kontraksi ekonomi yang masih dialami banyak provinsi membaik jika dibandingkan dengan kuartal-kuartal sebelumnya.

“Sudah ada 10 provinsi yang mengalami pertumbuhan positif, lainnya masih kontraksi. Tapi, kontraksinya menipis, dengan catatan kontraksi di Bali masih cukup dalam,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/5/2021).

Suhariyanto merincikan, secara spasial, pertumbuhan ekonomi di Bali dan Nusa Tenggara masih terkontraksi dalam, sebesar -5,16 persen.

Sementara itu, beberapa pulau telah mencatat pertumbuhan yang positif, di antaranya Sulawesi sebesar 1,2 persen, serta Maluku dan Papua tumbuh 8,97 persen.

Adapun, struktur perekonomian pada kuartal I/2021 belum banyak berubah, di mana Pulau Jawa masih merupakan kontributor terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi dengan porsi 58,7 persen dan diikuti oleh Pulau Sumatera sebesar 21,54 persen.

BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2021 masih mengalami kontraksi sebesar -0,74 persen secara tahunan.

Secara kuartalan, ekonomi Indonesia pun masih terkontraksi sebesar -096 persen. Namu, Suhariyanto mengatakan angka pertumbuhan tersebut telah menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan periode-periode sebelumnya selama masa pandemi Covid-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS Pertumbuhan Ekonomi papua sulawesi
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top