Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Janji Tak Impor Beras Sampai Akhir Tahun, dengan Catatan...

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia tidak akan mengimpor beras hingga Juni 2021.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 21 April 2021  |  11:23 WIB
Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Kerja Nasional dan Musyawarah Nasional Alim Ulama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara virtual di Istana Negara, Kamis 8 April 2021 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Kerja Nasional dan Musyawarah Nasional Alim Ulama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara virtual di Istana Negara, Kamis 8 April 2021 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa impor beras bisa ditunda hingga akhir tahun jika produksi beras dalam negeri dinilai mampu memenuhi kebutuhan nasional.

Dengan demikian, kebijakan yang menangguhkan impor beras yang sebelumnya ditetapkan hingga Juni 2021 berpotensi diperpanjang hingga akhir tahun.

“Kemarin sudah kita putuskan bahwa sampai Juni [2021] tidak ada impor, Insya Allah nanti juga sampai akhir tahun, kalau kita tahan, produksinya bagus berarti juga tidak akan impor,” ujarnya saat mengunjungi Desa Wanasari, Indramayu, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/4/2021).

Sebelumnya, Pemerintah telah memastikan bahwa impor 1 juta ton beras akan ditunda hingga medio tahun ini atau pada Juni setelah mengetahui stok beras masih mencukupi dan ditambah panen raya di sejumlah daerah dalam waktu dekat.

Keputusan untuk melakukan impor beras yang akhirnya menuai protes dari banyak pihak diakui Kepala Negara harus diambil sebagai langkah antisipasi karena sejumlah lahan pertanian terendam banjir dan efek pandemi Covid-19.

“Tapi karena hitung-hitungan banyak yang kena banjir, kemudian pandemi, kadang-kadang memang hitung-hitungan kalkulasi itu, waduh ini kurang sehingga perlu tambahan untuk cadangan,” tuturnya.

Jokowi pun menegaskan bahwa pada prinsipnya pemerintah tidak suka dan tidak senang melakukan impor beras. Sebaliknya, dia sangat mengharapkan Indonesia mampu mencapai swasembada pangan.

“Tentu saja kita juga ingin swasembada. Pemerintah, tadi sudah saya sampaikan, bahwa sebetulnya tidak senang dan tidak suka yang namanya impor beras,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi impor beras
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top