Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IMF: Pajak Kekayaan Dapat Membantu Pemulihan dari Pandemi Covid-19

Pemulihan dari Covid-19 menawarkan kesempatan untuk membalikkan erosi pajak penghasilan pribadi yang dibayar oleh penerima tertinggi.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 13 April 2021  |  11:51 WIB
Logo The International Monetary Fund (IMF). - Reuters
Logo The International Monetary Fund (IMF). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan pajak atas orang berpenghasilan tinggi dan pajak perusahaan dapat membantu negara maju meningkatkan pendapatan untuk pulih dari pandemi global.

Direktur Departemen Urusan Fiskal IMF Vitor Gaspar mengatakan pemulihan dari Covid-19 menawarkan kesempatan untuk membalikkan erosi pajak penghasilan pribadi yang dibayar oleh penerima tertinggi.

“Salah satu opsi khusus yang tersedia bagi pembuat kebijakan adalah kontribusi pemulihan Covid-19 yang dapat berupa biaya tambahan pada pajak penghasilan pribadi atau biaya tambahan pada pajak pendapatan perusahaan mengingat beberapa perusahaan telah melakukannya dengan sangat baik dalam hal valuasi pasar saham,” kata Gaspar, dilansir Bloomberg, Selasa (13/4/2021).

Dunia menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan dalam pemulihan Covid-19, dengan perkiraan 95 juta orang jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem pada 2020. Dia juga memperingatkan tentang pelebaran ketimpangan dan perbedaan antara negara maju dan negara kurang berkembang.

IMF juga telah menyerukan tarif pajak penghasilan badan minimum global sebagai cara untuk menghentikan perlombaan ke titik terendah dalam perpajakan penghasilan perusahaan. 

Menurutnya, penting untuk memastikan bahwa pemerintah memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk prioritas pembelanjaan mereka.

"Tarif minimum adalah sesuatu yang kami yakini dapat menjadi sangat penting untuk pembiayaan negara berkembang," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pajak imf
Editor : Reni Lestari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top