Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pabrikan Semen Berharap Konstruksi IKN Baru Segera Dimulai

Asosiasi Semen Indonesia berharap konstruksi ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur segera dimulai. Konstruksi IKN baru akan menambah konsumsi semen nasional.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 13 April 2021  |  16:58 WIB
Aktivitas pekerja Semen Indonesia di Packing Plant Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (11/12/2018)./Bisnis - Peni Widarti
Aktivitas pekerja Semen Indonesia di Packing Plant Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (11/12/2018)./Bisnis - Peni Widarti

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Semen Indonesia (ASI) berharap pemerintah segera memulai konstruksi ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Ketua Umum Asosiasi Semen Indonesia (ASI) Widodo Santoso mengatakan konstruksi IKN baru akan menambah konsumsi semen nasional. Konstruksi IKN baru dijadwalkan dilakukan pada 2021–2024.

"Produsen semen telah siap dengan produknya, baik secara kualitas dan kuantitas," ujarnya kepada Bisnis pada Selasa (13/4/2021).

Widodo mengemukakan telah ada tujuh pabrik semen di Kalimantan. Ketujuh pabrik tersebut terbagi menjadi tiga pabrik integrated plant dengan total kapasitas 7 juta ton per tahun dan empat pabrik grinding & packaging berkapasitas 4 juta ton per tahun.

"Total kapasitas keseluruhan [produksi semen] di Kalimantan menjadi 11 juta ton per tahun, sedangkan permintaan di Pulau Kalimantan saat ini baru sekitar 4 juta ton per tahun," ucapnya.

Dengan kata lain utilisasi pabrikan semen di Kalimantan hanya 36,36 persen per tahun. Adapun, utilisasi industri semen nasional pada akhir 2020 ada di kisaran 62 persen.

Di sisi lain, Widodo mencatat ada 11 provinsi dengan peningkatan konsumsi semen yang tajam per Maret 2021 secara tahunan.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh kegiatan konstruksi infrastruktur dan proyek-proyek strategis bidang properti mulai berjalan pada akhir kuartal I/2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen Ibu Kota Dipindah
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top