Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Patra Niaga Incar Penjualan Solar 12,7 Juta Kiloliter

penjualan solar industri dan marine sepanjang tahun lalu mencapai 11,83 juta kiloliter. Realisasi tersebut turun 2,06 persen dibandingkan realisasi pada 2019 yang mencapai 12,08 juta kiloliter.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 08 April 2021  |  21:21 WIB
Blok migas.  - Ilustrasi
Blok migas. - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina Patra Niaga menargetkan penjualan solar untuk industri dan marine dapat mencapai 12,7 juta kiloliter (kl) pada tahun ini.

Vice President Industrial & Marine Fuel Business PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) Waljiyanto memperkirakan bahwa kebutuhan solar industri dan marine dalam 5 tahun ke depan cenderung mengalami penurunan. Hal ini mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang belum normal.

"Tahun 2021 saya perkirakan kami akan mendapat proyeksi 12,74 juta kl. Kemudian turun, turunnya ini kami perkirakan pandemi masih belum normal. Setelah 5 tahun baru diperkirakan akan kembali seperti semula," ujar Waljiyanto dalam sebuah webinar, Kamis (8/4/2021).

Penurunan penjualan akibat dampak pandemi Covid-19 telah dirasakan sejak tahun lalu. Dia menyampaikan bahwa penjualan solar industri dan marine sepanjang tahun lalu mencapai 11,83 juta kl. Realisasi tersebut turun 2,06 persen dibandingkan realisasi pada 2019 yang mencapai 12,08 juta kl.

Adapun, segmen konsumen solar industri dan marine yang terbesar berasal dari segmen bisnis yang meliputi industri perkebunan, pertambangan, dan lainnya. Segmen bisnis ini berkontribusi sebesar 29 persen dari total penjualan perseroan.

Segmen konsumen terbesar kedua, yakni segmen strategis, seperti PT PLN (Persero), PT KAI (Persero), dan lainnya, dengan kontribusi sekitar 22 persen.

"Market share kami tidak bergerak jauh dari tahun 2018 sebesar 75 persen, 2019 juga 75 persen, dan 2020 naik sedikit 1 persen," kata Waljiyanto.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi pertamina solar migas
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top