Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia - Inggris Siapkan Perjanjian Perdagangan di 10 Sektor 

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pernyataan pers bersama Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, Rabu (7/4/2021).
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 07 April 2021  |  14:57 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (kanan) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab (kiri) di Jakarta, Rabu (7/4/2021)  -  Antara / Kemlu RI
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (kanan) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab (kiri) di Jakarta, Rabu (7/4/2021) - Antara / Kemlu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dan Inggris akan segera meresmikan hubungan kerja sama ekonomi dan perdagangan untuk 10 sektor utama guna meningkatkan nilai perdagangan kedua negara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan perdagangan kedua negara telah mencapai US$2,24 miliar pada 2020. Agar lebih meningkat, kedua negara akan mempromosikan 10 sektor prioritas, termasuk industri kayu dan komoditas agrikultur. 

“MoU yang akan datang terkait Komite Bersama Ekonomi dan Perdagangan [akan ditandatangani pada 19 April tahun ini] diharapkan dapat mengakselerasi realisasi dari [sektor] prioritas tersebut,” ungkapnya dalam pernyataan pers bersama Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, Rabu (7/4/2021).

Retno juga menyinggung soal kebijakan uji tuntas atau due diligence terhadap komoditas agrikultur andalan Indonesia seperti minyak kelapa sawit, coklat, dan karet. 

Untuk itu, Retno mendorong diskusi lebih lanjut dalam kelompok kerja antara RI - Inggris guna membahas komoditas agrikultur. 

Di samping perdagangan, Retno mengungkapkan kepuasannya bahwa investasi Inggris di Indonesia meningkat sebesar 35 persen pada 2020, meski di tengah pandemi. 

“Saya berbagi informasi terkait Sovereign Wealth Fund yang baru dan saya juga menjajaki kemungkinan melakukan Bilateral Investment Treaty (BIT) baru antara Indonesia dan Inggris,” ujarnya. 

Sementara itu, Menlu Raab merespons positif pesan Menlu Retno terkait dengan uji tuntas komoditas agrikultur Indonesia dan akan mencarikan solusinya.

Menlu Raab mengatakan Inggris juga akan mendukung industri keamanan, kreatif, dan juga infrastruktur dan pengembangan SDM sesuai dengan visi pertumbuhan ekonomi RI dalam beberapa tahun ke depan. 

“Kami sedang mempersiapkan kunjungan Carrier Strike Group [kelompok kapal tempur] Inggris ke wilayah ini akhir tahun ini. Kerja sama pertahanan dan keamanan adalah momen penting bagi kami untuk memperkuat area kolaborasi,” tutur Raab.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inggris kemenlu retno l.p. marsudi
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top