Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Joe Biden Klaim Belanja Infrastrukturnya Bakal Ciptakan 19 Juta Pekerjaan Baru

Klaimnya tersebut didasarkan pada laporan dari Moody's Analytics, yang menemukan bahwa ekonomi akan menambah 18,9 juta pekerjaan selama dekade berikutnya jika Kongres meloloskan proposal presiden.
Presiden AS Joe Biden di tangga pesawat Kepresidenan AS, Jumat (12/2/2021)./Antara/Reuters-Joshua Robertsrn
Presiden AS Joe Biden di tangga pesawat Kepresidenan AS, Jumat (12/2/2021)./Antara/Reuters-Joshua Robertsrn

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joe Biden mengatakan proposal belanja infrastruktur besar-besaran yang dipaparkan minggu lalu akan menghasilkan 19 juta pekerjaan selama satu dekade mendatang, ketika Amerika Serikat (AS) berusaha untuk keluar dari pandemi.

"Analisis independen menunjukkan bahwa jika kita lolos dari rencana ini, ekonomi akan menciptakan 19 juta pekerjaan," kata Biden dilansir Bloomberg, Senin (5/4/2021).

Pernyataan tersebut memberikan gambaran mengenai dampak pada pekerjaan dari "Rencana Pekerjaan Amerika" senilai US$2,25 triliun yang bertujuan untuk memperbarui infrastruktur fisik dan teknologi negara, dan mengatasi ketidakadilan ekonomi yang telah berlangsung lama di negara tersebut.

Namun ungkapan presiden itu juga membingkai dampak potensial dalam istilah yang paling tepat. Klaimnya tersebut didasarkan pada laporan dari Moody's Analytics, yang menemukan bahwa ekonomi akan menambah 18,9 juta pekerjaan selama dekade berikutnya jika Kongres meloloskan proposal presiden.

Namun, laporan itu juga menemukan bahwa AS akan menambah 16,3 juta pekerjaan dengan dorongan pertumbuhan alami dan pengesahan undang-undang stimulus virus Corona US$1,9 triliun saja.

Itu menunjukkan bahwa paket infrastruktur baru presiden saja akan bertanggung jawab atas sekitar 2,6 juta pekerjaan baru selama 10 tahun ke depan.

Analisis Moody juga menemukan bahwa rencana Biden akan sedikit mengurangi pertumbuhan tahun depan, karena pajak yang lebih tinggi pada perusahaan untuk membayar inisiatif akan berlaku sebelum tambahan belanja infrastruktur atau proyek lepas landas. Namun, ekonomi akan beralih ke pertumbuhan dan pekerjaan tambahan mulai 2023.

Moody juga memproyeksikan bahwa pada masa jabatan pertama Biden, akan ada peningkatan 11,4 juta pekerjaan tanpa rencana infrastruktur, atau 13,5 juta jika dia mampu mencetak kemenangan legislatif besar lainnya.

Proposal tersebut juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja melalui program-program seperti Korps Iklim Sipil baru, pembangunan perumahan yang terjangkau, dan upaya untuk membersihkan tambang yang ditinggalkan atau menutup sumur minyak lama.

Mengenai kritik bahwa pajak yang lebih tinggi pada bisnis dapat menahan perekrutan atau pertumbuhan, Biden mengatakan perusahaan AS harus membayar bagian yang adil dan itu tidak akan memperlambat ekonomi sama sekali.

"Ini akan membuat perekonomian berfungsi lebih baik dan menciptakan lebih banyak energi," ujarnya.

Pasar pekerjaan menguat karena lebih banyak bisnis dan sekolah dibuka kembali, dan seiring dengan peluncuran vaksin. Menurut laporan Departemen Tenaga Kerja, pengusaha AS menambahkan pekerjaan paling banyak dalam tujuh bulan pada Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper