Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga Berlakukan Contra-Flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Selain jalan tol Jakarta—Cikampek, kepadatan volume lalu lintas juga terjadi di jalan tol Purwakarta—Bandung—Cileunyi (Purbaleunyi) KM 125—KM 121 arah Jakarta.
Ilustrasi Jalan Tol Cikampek-Jakarta. /ANTARA
Ilustrasi Jalan Tol Cikampek-Jakarta. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melakukan skema contra—flow di ruas jalan tol menuju DKI Jakarta pada Minggu (4/4/2021) siang. Adapun, contra—flow tersebut dilakukan karena kepadatan volume lalu lintas.

Seperti dilansir dari cuitan @PTJASAMARGA, lalu lintas pada jalan tol ke arah DKI Jakarta terpantau padat. Adapun, perseroan melakukan contra-flow di beberapa ruas, seperti jalan tol Jakarta—Cikampek Kilometer (KM) 66 sampai KM 47.

"Hati-hati di Dawuan KM 61-Karawang Barat KM 47 tol Jakarta—Cikampek diberlakukan lajur contra-flow/kanan agar tertib di antrean," seperti cuitan @PTJASAMARGA pukul 15.37 WIB, Minggu (4/4/2021).

Selain itu, kepadatan volume lalu lintas juga terjadi di ruas Jakarta—Cikampek KM 55—KM 52 ke arah Jakarta dan KM 01—Cawang ke arah Semanggi terpantau padat. Walakin, perseroan belum memutuskan untuk juga melakukan skema contra-flow di kedua titik tersebut.

Selain jalan tol Jakarta—Cikampek, kepadatan volume lalu lintas juga terjadi di jalan tol Purwakarta—Bandung—Cileunyi (Purbaleunyi) KM 125—KM 121 arah Jakarta. Namun , kepadatan kendaraan pada arah sebaliknya terpantau lancar.

Sementara itu, kepadatan volume lalu lintas pada ruas tol ke luar Ibu Kota terpantau lancar. Perseroan mengumumkan bahwa akan menutup sementara tempat istirahat Karawang Timur KM 52 arah Jakarta mulai pukul 08.00 hari ini, Minggu (4/4/2021).

Selain itu, perseroan juga akan membatasi kendaraan niaga ke arah Jakarta selama 24 jam mulai hari ini.

"Bila lelah dan mengantuk, gunakan tempat istirahat. Dilarang menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan tol," cuit akun tersebut.

Sementara itu,  Volume lalu lintas pada jalan tol Cikopo—Palimanan per Jumat (2/4/2021) lalu melonjak sebanyak 52,08 persen menjadi 81.175 kendaraan. Adapun, volume lalu lintas pada hari biasa atau Rabu (31/4/2021) masih berada di kisaran 55.269 kendaraan.

Walaupun volume lalu lintas meningkat pada jalan tol Cikopo, volume lalu lintas pada kendaraan niaga merosot 23,53 persen dibandingkan dengan hari biasa pada Jumat (2/4/2021) menjadi 8.030 kendaraan. Sementara itu, volume lalu lintas kendaraan pribadi melonjak 63,45 persen menjadi 73.175 kendaraan.

Dengan kata lain, jalan tol Cipali dipenuhi oleh kendaraan pribadi pada libur panjang paskah. Untuk mengakomodir arus balik pada Minggu (4/4/2021), Suyitno berujar akan meningkatkan keamanan ruas Cikopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper