Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AP I Siapkan YIA dan Bandara Juanda Layani Tes GeNose C19

AP I telah menyediakan alat tes GeNose C19 di YIA dan Bandara Juanda untuk melayani deteksi Covid-19 mulai 1 April 2021.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  11:54 WIB
Penumpang keluar dari area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5/2019). - ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Penumpang keluar dari area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5/2019). - ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) dan Bandara Juanda di Surabaya menjadi bandara kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I yang secara perdana mengimplementasikan layanan tes GeNose C19 kepada penumpang mulai 1 April 2021.

VP Corporate Secretary API Handy Heryudhitiawan menuturkan dalam menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C-19, perseroan bekerja sama dengan PT Angkasa Pura Supports (APS) yang juga bermitra dengan Farmalab. APS merupakan salah satu anak usaha dari AP I.

"Kami akan menyediakan layanan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di dua bandaranya terlebih dahulu, yaitu Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, pada 1 April 2021," ujarnya, Selasa (30/3/2021).

AP I, lanjutnya, juga melakukan antisipasi terjadinya penumpukan pada proses pemeriksaan GeNose C-19. Calon penumpang diimbau untuk melakukan pemeriksaan selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan guna menghindari kerumunan atau kepadatan pelayanan.

Selain tentunya AP I juga menyiapkan alur, papan petunjuk (signage), dan petugas yang mengawasi di lokasi. Adapun, tes GeNose telah menjadi salah satu syarat penumpang naik pesawat.

Sejauh ini, Handy memaparkan simulasi di 13 bandara kelolaan lainnya yaitu, Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Lombok Praya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Frans Kaisiepo Biak, dan Bandara Sentani Jayapura.

Implementasi GeNose C-19 di bandara-bandara Angkasa Pura I rencananya akan dilakukan pada 1 Mei 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura i
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top