Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bosch Bikin Teknologi Keamanan Menyatu dengan Sistem Audio

Cara kerja teknologi tersebut dengan menyatukan audio multisistem, seperti sistem public address, serta aplikasi conferencing, dan audio profesional.
Logo Bosch. /REUTERS-Michaela Rehle
Logo Bosch. /REUTERS-Michaela Rehle

Bisnis.com, JAKARTA Perusahaan penyedia layanan dan teknologi global, Bosch melalui divisi Building Technology  pengelolaan keamanan dan keselamatan yang efisien merupakan salah satu standar yang dibutuhkan oleh sebuah gedung atau bangunan. Sistem keamanan dan evakuasi penting untuk diperhatikan sebagai antisipasi situasi darurat.

Bosch pun menilai solusi kabel tunggal atau IP networking dengan teknologi omneo akan mampu mendukung upaya di atas.

Adapun cara kerja teknologi tersebut dengan menyatukan audio multisistem, seperti sistem public address, serta aplikasi conferencing, dan audio profesional.

Business Unit Leader for Communication System Building Technology, Bosch Indonesia Ronald Rusli mengatakan sejumlah faktor yang perlu diperhatikan dalam merancang sistem ini antara lain struktur bangunan dan rute evakuasi yang tepat, perhitungan volume pengunjung sebuah gedung, termasuk sistem peringatan situasi darurat yang menyeluruh.

Oleh karena itu, jaringan sistem audio yang terintegrasi dapat mendukung ini. Kendalanya, setiap bangunan atau lokasi memiliki sistem audio yang beragam, dengan standar koneksi sendiri-sendiri. Ini membuat konfigurasinya semakin menantang, rumit dan membutuhkan waktu lebih lama, yang dapat berimbas pada panjangnya waktu respons  saat terjadi situasi darurat.

“Efisiensi menjadi kunci dalam pengelolaan perkantoran, venue, atau tempat hiburan dan rekreasi. Sementara, manajemen keamanan dan keselamatan di fasilitas umum, seperti bandara, kapal pesiar, stadion, teater, ataupun mal sangatlah menantang. Pemanfaatan teknologi dan jaringan yang terintegrasi, bisa menjadi solusi termasuk untuk sistem peringatan yang memanfaatkan multisistem audio," katanya dalam jumpa media, Senin (15/3/2021).

Menurut Ronald bagi para pengelola gedung hal itu bisa mendukung efisiensi, menghemat waktu serta biaya, sehingga tercipta standar keamanan dan keselamatan yang baik, terutama pada saat terjadi situasi darurat.

Teknologi omneo adalah sebuah arsitektur jaringan yang Bosch gunakan untuk menggabungkan transportasi sinyal (Dante) dan standar kontrol sistem (OCA); solusi ini memungkinkan distribusi suara pada multisistem audio dapat dikendalikan dan dipantau secara jarak jauh pada perangkat-perangkat yang terhubung.

Omneo dapat diaplikasikan pada semua jaringan audio profesional. Teknologi ini memiliki tingkat latensi yang sangat rendah (dengan standar kurang dari 2 milidetik), audio resolusi tinggi (tidak terkompresi 48 kHz/24 bit), dan sinkronisasi yang tepat (dengan tingkat kesahalan/error kurang dari 1 detik) sehingga meminimalkan delay dengan kualitas suara yang lebih baik.

OMNEO dirancang untuk jaringan dengan 2 hingga 10.000 node dan diameter jaringan fisik mulai dari yang sangat kecil hingga ribuan mil.

Produk Bosch ini menawarkan beberapa keunggulan, antara lain sinkronisasi saat evakuasi pada situasi darurat menjadi lebih mudah dan cepat, proses penambahan perangkat berlangsung simplistis, konten audio dapat di-routing dan dikontrol secara fleksibel di mana pun dan kapan pun, menghemat waktu saat melakukan konfigurasi dan pemeliharaan, memungkinkan berbagai perangkat audio dari Bosch untuk dioperasikan secara bersamaan, serta mampu mencakup area tempat yang lebih luas. 

"Solusi ini dapat digunakan pada gedung perkantoran, venue, teater, mal, hotel, stadion, bandara, dan kapal pesiar. Di Indonesia, Omneo dari Bosch sudah diaplikasikan pada gedung DPR, gedung Sekretariat ASEAN, serta beberapa stasiun televisi, bandara, stadion, dan mal di beberapa kota besar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper