Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MRT & TransJakarta Mulai Integrasi, Bangun Totem di Dua Stasiun

MRT dan TransJakarta memulai upaya integrasi dengan membangun dua totem yaitu di Stasiun Fatmawati dan Stasiun Cipete.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 09 Maret 2021  |  17:01 WIB
Penumpang antre untuk menaiki bus transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Penumpang antre untuk menaiki bus transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - MRT Jakarta dan TransJakarta menandatangani nota kesepahaman kerja sama integrasi dalam skema Jaklingko dengan dua totem yang disiapkan untuk integrasi MRT Jakarta dan TransJakarta terdapat di dua stasiun yaitu Stasiun Fatmawati dan Stasiun Cipete.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi menjelaskan pokok bahasan dalam nota kesepahaman tersebut mengenai studi skema untuk kerja sama konektivitas first mile - last mile. Termasuk membangun tempat drop off dan pick up untuk pelanggan MRT Jakarta dalam menggunakan layanan TransJakarta.

Menurutnya nota kesepahaman ini bertujuan untuk menjajaki studi pengembangan layanan transportasi terintegrasi dalam skema Jaklingko antara MRT Jakarta dan TransJakarta.

“Ke depannya, kedua moda transportasi ini akan mengoptimalkan aplikasi ponsel dalam melayani masyarakat,” jelasnya melalui siaran pers, Selasa (9/3/2021).

Selain itu MRT Jakarta dan TransJakarta akan memberikan layanan terintegrasi, terkoneksi, dan ramah akses bagi setiap orang, baik dari aspek infrastruktur maupun sumber daya manusia. Jangka waktu Nota Kesepahaman ini direncanakan untuk satu tahun ke depan.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyambut baik kerja sama dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di sektor Transportasi ini, khususnya peningkatan kapabilitas dari sisi platform digital.

Adapun, TransJakarta saat ini telah menerapkan Platform digital TIJE yang memberikan layanan pembelian tiket digital, lacak bus secara real time, lacak rute, dan juga wi-fi berkecepatan tinggi, tanpa bayar dan tanpa batas kuota di semua halte TransJakarta.

“Ke depanya TransJakarta tidak hanya secara fisik tapi juga sistem digital pembayaran dan konektivitas ke pihak yang bekerja sama dengan TransJakarta melalui penggunaan teknologi seperti API Management. Selanjutnya, semua layanan transportasi kedepannya diharapkan bisa terintegrasi secara keseluruhan, sehingga memudahkan masyarakat saat berpindah dari satu moda ke moda lain,” imbuhnya.

Adapun saat ini totem yang disiapkan untuk integrasi MRT Jakarta dan TransJakarta terdapat di dua stasiun yaitu Stasiun Fatmawati dan Stasiun Cipete.

Totem Fatmawati dengan rute:
- 6R : Ragunan – St. Fatmawati
- 6H : Lebak Bulus – Senen
- 7A : Lebak Bulus – Kampung Rambutan
- D21: Univ. Indonesia – Lebak Bulus
- S12: Royal Trans Bintaro – St. Fatmawati
- S31: Royal Trans BSD – St. Fatmawati

Totem Cipete Raya dengan Rute:
- 1E : Blok M – Pondok Labu


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt transjakarta
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top