Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonom: Pembangunan Kilang Diklaim Jadi Sia-Sia, Ini Alasannya

Ekonom Faisal Basri menyebut pembangunan kilang minyak sebaiknya urung dilakukan karena konsumsi BBM masyarakat mulai turun.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 06 Maret 2021  |  17:51 WIB
Kilang Minyak - Bloomberg
Kilang Minyak - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom Senior Faisal Basri mengungkapkan pengerjaan proyek strategis nasional yakni pembangunan dan pengembangan kilang akan menjadi langkah yang sia-sia.

Menurut dia, pada saat kilang tersebut rampung, konsumsi masyarakat untuk produk BBM sudah mulai menurun karena sudah mulai memasuki era mobil listrik dan tren energi bersih ke depannya.

"Jadi ada hikmahnya juga, oleh karena itu pak Jokowi jangan marah-marah lagi kepada menteri dan Pertamina kenapa bangun kilangnya enggak jadi-jadi. Alhamdulillah tidak jadi, kalau jadi, kita bisa repot, kapasitasnya naik dua kali lipat tapi konsumsinya turun," katanya dalam webinar Penghapusan Premium Pertalite Dewan Energi Mahasiswa UGM 2021, Sabtu (6/3/2021).

Faisal menambahkan masih terdapat program pemerintah yang akan berjalan sia pada saat yang sama pemerintah terus mendorong program biodiesel mulai dari B30, B40, hingga B100 yang juga dinilai tidak berdampak signifikan terhadap beban APBN.

Ambisi pemerintah untuk menjadi pemain baterai listrik terbesar di dunia dengan biaya investasi yang sangat besar dan juga proyek gasifikasi batu bara sebagai subtitusi LPG juga akan memberatkan bagi rakyat.

Menurutnya, dirinya sudah mengingatkan sejumlah pihaknya untuk mengurungkan rencana proyek-proyek tersebut karena berpotensi merugikan rakyat.

"Sehingga bakal terjadi kekacauan jika semua hendak diwujudkan dan meninggalkan ongkos ekonomi yang mahal," ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kilang minyak
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top