Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merger Gojek-Tokopedia Akan Masuk Big Caps, Setelah BBRI BBCA

Valuasi perusahaan hasil merger diperkirakan mencapai US$35 miliar—US$40 miliar atau sekitar Rp499,9 triliun hingga Rp571,3 triliun dengan asumsi kurs RP14.283.
Pengemudi ojek online menunjukan aplikasi digawainya saat menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengemudi ojek online menunjukan aplikasi digawainya saat menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar merger perusahaan teknologi raksasa Tokopedia dan Gojek semakin kuat terdengar. Valuasi perusahaan hasil merger tersebut diperkirakan mencapai US$35 miliar—US$40 miliar atau sekitar Rp499,9 triliun hingga Rp571,3 triliun dengan asumsi kurs RP14.283.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sejumlah portal finansial, Rabu (3/3/2021), pemegang saham Gojek akan memiliki 60 persen saham di entitas hasil merger tersebut. Sebaliknya, sisanya 40 persen akan dimiliki Tokopedia.

Perusahaan teknologi raksasa itu akan mencatatkan sahamnya terlebih dahulu di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jika demikian, entitas hasil merger Gojek-Tokopedia akan menjadi perusahaan terbesar ketiga setelah PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) dalam hal kapitalisasi pasar di BEI.

Berdasarkan catatan Bisnis, salah satu skenario yang dibahas adalah menggabungkan kedua perusahaan sebelum secara bersamaan mencatatkan mereka di Indonesia dan Amerika Serikat (AS).

Namun, skema lain adalah mendaftarkan Tokopedia di Jakarta terlebih dahulu, kemudian bergabung dengan Gojek sebelum mendaftarkan entitas gabungan di AS.

Sumber dari Bloomberg mengatakan perusahaan belum memutuskan apakah mereka akan memilih untuk mendaftar di AS melalui penawaran umum perdana tradisional atau tujuan khusus melalui jalur akuisisi.

Selain itu, Gojek telah berdiskusi dengan saingannya Grab Holdings Inc. tentang kemungkinan merger, tetapi pembicaraan itu berlarut-larut dan akhirnya gagal.

Namun rencana merger Gojek dan Grab ini disinyalir akan akan menghadapi pertentangan peraturan karena akan menggabungkan dua penyedia utama angkutan sesuai permintaan (on-demand) dan layanan pengiriman di beberapa pasar Asia Tenggara.

Pendiri SoftBank Group Corp. Masayoshi Son, pemegang saham luar terbesar di Grab, awalnya mendorong Chief Executive Officer Grab Anthony Tan untuk membuat kesepakatan dengan Gojek. Tetapi, Son kemudian mengalihkan dukungannya ke aliansi Gojek-Tokopedia.

Kedua pionir teknologi Indonesia ini memiliki investor yang sama, termasuk Google, Temasek Holdings Pte, dan Sequoia Capital India. Pendiri mereka juga telah berteman sejak didirikan lebih dari 10 tahun yang lalu.

Jika gabungan Gojek-Tokopedia dilanjutkan dengan IPO, itu akan memberi investor global kesempatan lain untuk bertaruh di salah satu ekonomi internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Saham Sea Ltd., satu-satunya perusahaan internet besar Asia Tenggara yang terdaftar di AS, naik hampir 400 persen tahun lalu yang didorong oleh semakin populernya gim seluler dan platform belanja online.

Tokopedia juga didukung oleh Alibaba Group Holding Ltd., yang memiliki unit e-commerce sendiri di kawasan tersebut, Lazada.

Grab sejak itu memilih bank untuk potensi IPO AS yang dapat mengumpulkan setidaknya U$2 miliar, kata orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Ketika Bisnis mencoba mengkonfirmasi kabar ini Tokopedia, VP of Corporate Communications Nuraini Razak menolak berkomentar lebih jauh.

"Kami tidak dapat menanggapi spekulasi yang ada di pasar," tulisnya dalam pesan singkatnya kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper