Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek 3.000 Ha, MNC Lido City Dikembangkan Sampai 20 Tahun

Proyek Lido City yang dibangun MNC Land diprediksi memerlukan pengembangan hingga 20 tahun ke depan. Hal itu disebabkan begitu luasnya proyek tersebut, yang mencapai 3.000 hektare.
Rencana pengembangan Lido City./mncland.com
Rencana pengembangan Lido City./mncland.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT MNC Land Tbk. menyiapkan belanja modal Rp12,7 triliun untuk mengembangkan MNC Lido City di Kabupaten Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat. Proyek itu akan terus dikembangkan selama 20 tahun ke depan, mengingat luasnya mencapai 3.000 hektare.

Direktur MNC Land Alex Wardhana menjelaskan pengembangan MNC Lido City yang baru ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata itu akan dilakukan secara bertahap.

“Total belanja modal Rp14,7 triliun terdiri dari MNC Lido City senilai Rp12,7 triliun dan MNC Bali Resort Rp2 triliun,” kata Alex dalam Group Meeting MNC Group Investor Forum 2021 pada Rabu (3/3/2021).

Lebih lanjut, Alex menjelaskan infrastruktur di MNC Lido City akan dikembangkan sesuai dengan setiap proyek. 

MNC Lido City dibangun di atas lahan seluas 3.000 hektare, terdiri dari berbagai fasilitas seperti taman bermain, hotel, resor, vila, perumahan, transit oriented development, lapangan golf, hingga kebun raya.

Selama masa konstruksi, belanja modal akan didanai dari pinjaman bank dan institusi keuangan, penjualan (sales proceed), hingga transaksi saham.

“Dari perspektif global, sales proceeds dari residensial dan keanggotaan golf seharusnya bisa mendanai untuk proyek non-recurring,” kata Alex.

Beberapa proyek awal yang akan digarap emiten dengan kode saham KPIG ini di MNC Lido City a.l. kawasan music and art, botanical park, dan lapangan golf, sedangkan area hotel, resor, dan vila dikerjakan kemudian.

Pengembangan 20 Tahun

Direktur Utama MNC Land Hary Tanoesoedibjo mengemukakan pengembangan KEK Pariwisata MNC Lido City akan memakan waktu setidaknya 2 dekade, karena dibangun di atas lahan seluas 3.000 hektare.

Timeline-nya akan sangat panjang karena ini 3.000 hektare, mungkin baru bisa selesai dalam 20 tahun,” ujarnya.

Untuk tahun ini, proyek akan fokus membangun kawasan music and arts terlebih dahulu. Kawasan ini diprioritaskan karena pembangunannya tidak memakan biaya besar dan segera menghasilkan didorong oleh penjualan makanan dan minuman .

Hary menyebut peletakan batu pertama atau ground breaking untuk kawasan music and arts di MNC Lido City dilakukan pada 10 Maret 2021.

Selanjutnya Lido World Garden akan dikerjakan. Menurut Hary, taman yang terinspirasi dari Miracle Garden di Dubai ini juga akan menarik pengunjung untuk tahap awal.

Adapun, pembangunan properti seperti hotel, vila, maupun resor disebut belum akan menjadi prioritas dalam waktu dekat. Alih-alih, KPIG bakal mengembangkan lapangan golf terlebih dahulu karena ingin menangkap momen olahraga yang banyak digandrungi segala usia ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper