Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SKK Migas: Tumpahan Minyak Dumai Akibat Korosi pada Pipa

Tindakan penanggulangana kedaruratan telah dijalankan dengan mengaktifkan marine environment protection team dan berkoordinasi dengan KSP Kelas 1 Dumai.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 02 Maret 2021  |  13:12 WIB
Fasilitas produksi Blok Rokan yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia, Minas, Riau. Dok: SKK Migas
Fasilitas produksi Blok Rokan yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia, Minas, Riau. Dok: SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyebutkan tumpahan minyak yang terjadi di Dumai oleh PT Chevron Pacific Indonesia disebabkan oleh kebocoran pipa yang mengalami korosi.

Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih menjelaskan, pada Sabtu (27/2/2021) sekitar pukul 15.00 WIB telah ditemukan kebocoran minyak sebanyak 8,4 barel yang bersal dari vent cock loading line oil wharf #4 yang mengalami korosi. Saat kejadian pipa tersebut dikabarkan sedang tidak digunakan.

Atas kejadian itu, sejumlah area di sekitar lokasi terdampak tumpahan minyak bumi yakni di wilayah perairan laut dengan luas area terdampak  358 m2 dan pesisir pantai dengan luas area terdampak oleh tumpahan minyak bumi 15 m2.

Tindakan penanggulangana kedaruratan telah dijalankan dengan mengaktifkan marine environment protection team dan berkoordinasi dengan KSP Kelas 1 Dumai.

"CPI telah melokalisir tumpahan minyak bumi serta membersihkan area yang terkena dampak tumpahan minyak bumi di pesisir pantai," katanya kepada Bisnis, Senin (1/3/2021).

Sebelumnya, PT Chevron Pacific Indonesia mengklaim telah berhasil membersihkan 99 persen tumpahan minyak mentah di Pelabuhan PT CPI dermaga #4 di Dumai.

Manager Corporate Communications PT CPI Sonitha Poernomo menjelaskan perusahaan segera memperbaiki pipa yang bocor dan memasang oil boom untuk mencegah penyebaran dan mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengisolasi dan mengumpulkan tumpahan.

"PT CPI juga telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak pemerintah terkait, salah satunya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang hari ini hadir langsung untuk meninjau lokasi dan mengevaluasi," ujar dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

skk migas tumpahan minyak
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top