Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gonjang-Ganjing Kelangkaan Chip, Penjualan Mobil Jepang Tertekan

Penjualan mobil, truk dan bus turun 2,2 persen dari tahun lalu. Penurunan penjualan ini merupakan efek samping dari kelangkaan chip di seluruh dunia dan untuk sementara dapat menambah masalah di Jepang.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 01 Maret 2021  |  15:18 WIB
Manufaktur Jepang. - .Reuters
Manufaktur Jepang. - .Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan kendaraan bermotor di Jepang turun untuk pertama kalinya dalam lima bulan pada Februari 2021, sebagai tanda terbaru dari kelangkaan semikonduktor global.

Asosiasi Dealer Mobil Jepang melaporkan penjualan mobil, truk dan bus turun 2,2 persen dari tahun lalu. Penurunan penjualan ini merupakan efek samping dari kelangkaan chip di seluruh dunia dan untuk sementara dapat menambah masalah di Jepang ketika negara itu akan mengakhiri keadaan darurat selama dua bulan di Tokyo pada pekan ini.

Konsumsi yang merosot di tengah seruan pemerintah untuk mengurangi jam buka di restoran dan bar terlihat mendorong ekonomi kembali ke kontraksi pada kuartal ini.

Namun, ekonom Koya Miyamae di SMBC Nikko Securities Inc. mengharapkan permintaan yang terpendam akan meningkatkan penjualan kendaraan setelah pasokan semikonduktor memungkinkan pembuat mobil termasuk Nissan Motor Co, Honda Motor Co dan Subaru Corp untuk meningkatkan lini pabrik lagi.

"Ini masalah sisi pasokan," katanya, dilansir Bloomberg, Senin (1/3/2021).

Dia menambahkan bahwa kemungkinan konsumen Jepang akan terus membeli sekitar 5,2 juta kendaraan setahun setelah kemacetan chip mereda.

Analis Bloomberg Intelligence Tatsuo Yoshida dalam laporannya baru-baru ini mengungkapkan produsen mobil terbesar Jepang, Toyota Motor Corp. telah berhasil mengatasi badai dalam kondisi yang relatif lebih baik karena sistem pemantauan rantai pasokan dan rekam jejak panjang pesanan yang akurat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang chip semikonduktor
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top