Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka, Hati-hati Situs Palsu

Pihak pelaksana mendapat laporan adanya situs palsu menggunakan nama “Prakerja” yang memanfaatkan tingginya minat masyarakat terhadap program ini.
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Manajemen Kartu Prakerja mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam mengakses situs Kartu Prakerja di tengah maraknya peredaran situs ilegal.

Seperti diketahui, pendaftaran program Kartu Prakerja kembali dibuka untuk gelombang 12 sejak Selasa, 23 Februari 2021.

Di tengah proses pembukaan ini, pihak pelaksana mendapat laporan adanya situs palsu menggunakan nama “Prakerja” yang memanfaatkan tingginya minat masyarakat terhadap program ini.

Head of Communication Project Management Office Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatkan situs resmi dari program ini hanya ada 1. Situs tersebut yaitu www.prakerja.go.id dengan akhiran “go.id”.

"Selain situs yang resmi itu dapat kami pastikan adalah palsu atau hoaks," kata Louisa dilansir tempo.co, Kamis (25/2/2021).

Sebelumnya, Tempo juga mendapatkan laporan berbagai situs palsu ini. Beberapa situs tersebut yaitu seperti daftarprakerja.net hingga kartu-prakerja.com. Bahkan dalam situs palsu ini, tercantum pula testimoni dari peserta yang diketahui kebenarannya.

Untuk itu, Louisa meminta meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan cermat dalam membaca pesan berantai di media sosial, salah satunya di WhatsApp. "Jangan memberikan data diri di situs palsu," kata dia.

Di sisi lain, pihak pelaksana juga akan meneruskan laporan dari masyarakat terkait situs palsu ini ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. "Untuk dilakukan pemblokiran," kata Louisa.

Berikut sejumlah hal penting terkait Program Kartu Prakerja Gelombang ke-12 yang baru dibuka pemerintah.

  1. Daftar Program Kartu Prakerja Hanya di Situs Resmi

Para calon peserta Kartu Prakerja bisa mengakses situs tunggal dan resmi yakni: www.prakerja.go.id. Di dalamnya, sudah ada petunjuk lengkap dan rinci mengenai cara pendaftaran gelombang 12.

  1. Kuota Hanya untuk 600.000 Orang

Pemerintah menetapkan kuota peserta untuk gelombang 12 ini hanya 600.000 saja. Pendaftaran program hanya akan ditutup seumpama kuota sudah penuh. “Kami terus memantau hari per hari. Begitu kuota terisi, langsung kami tutup,” ujar Louisa.

  1. Insentif Rp3,55 Juta

Untuk insentif bagi peserta Kartu Prakerja, tidak ada yang berubah atau sama dengan 2020. Totalnya mencapai Rp3,55 juta. Pertama, Rp 1 juta untuk membeli program pelatihan melalui platform-platform digital yang tersedia.

Kedua, Rp2,4 juta (Rp 600.000/bulan selama 4 bulan) sebagai stimulus tunai setelah menyelesaikan pelatihan. Ketiga, Rp150.000 (Rp50.000 /survei) sebagai insentif pengisian survei setelah pelatihan program Kartu Prakerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper