Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apple Akuisisi 100 Perusahaan dalam 6 Tahun

Apple menyatakan sudah membeli hampir 100 perusahaan kecil selama enam tahun terakhir dan membuat kesepakatan setiap tiga hingga empat minggu.
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Chief Executive Officer Apple Inc. Tim Cook menjawab pertanyaan tentang merger dan akuisisi di tengah pandemi dan rantai pasokan pada pertemuan pemegang saham virtual kemarin.

Cook mengatakan perusahaan tersebut membeli hampir 100 perusahaan kecil selama enam tahun terakhir dan membuat kesepakatan setiap tiga hingga empat minggu.

Cook merangkum banyak produk dan inisiatif baru perusahaan yang diumumkan selama setahun terakhir. Dia berbicara tentang iPhone terbaru dan potensi Apple Watch yang terus berkembang, sambil mencatat bahwa headphone AirPods Max dengan cepat menjadi sangat populer di kalangan pengguna. Dia juga membahas upaya Apple untuk memerangi pandemi, perubahan iklim, dan krisis perumahan di Wilayah Teluk San Francisco.

Selama sesi tanya jawab, Cook mengatakan Apple berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan lingkungannya, termasuk menjadi karbon netral pada 2030 dan mentransisikan produknya menggunakan bahan daur ulang. Dia juga menegaskan kembali perubahan privasi Apple baru-baru ini, termasuk rencana segera untuk membatasi penargetan iklan pada perangkatnya.

Ditanya tentang kesetaraan gaji terkait gender, CEO tersebut mengatakan Apple membayar pria dan wanita secara setara di seluruh dunia dan telah berhenti bertanya kepada pelamar tentang riwayat gaji mereka untuk membantu memastikan kesetaraan.

Bos Apple itu juga ditanyai tentang diversifikasi rantai pasokan. Cook mengatakan Apple selalu berusaha meningkatkan dan membuat perubahan di seluruh bisnisnya, tanpa mengomentari secara khusus tentang perubahan rantai pasokan apa pun. Apple telah berusaha untuk memperluas produksi di luar China, termasuk di India dan Vietnam.

Cook juga menanggapi pengawasan regulasi dari App Store, mengatakan layanan tersebut bukan masalah antitrust.

"Apple tidak memiliki posisi dominan di pasar mana pun tempat kami bersaing, tidak dalam kategori produk apa pun, tidak dalam kategori layanan apa pun, dan tidak dalam perangkat lunak atau aplikasi,” katanya, dilansir Bloomberg, Rabu (24/2/2021).

“Pasar yang kompetitif ini mendorong kita semua untuk menjadi lebih baik. Jadi, meski pengawasan selalu adil, tuduhan seperti ini berantakan setelah pemeriksaan fakta yang masuk akal," lanjutnya.

Seperti yang telah dia lakukan sebelumnya, Cook pada akhirnya ingin stafnya kembali ke kantor untuk meningkatkan kolaborasi. Namun, ia mencatat bahwa perusahaan telah bekerja secara produktif tahun lalu meski secara jarak jauh.

Mengingat dampak pandemi yang terus berlanjut, Apple mengadakan pertemuan pemegang saham tahunan secara online. Kate Adams, penasihat umum perusahaan, mengawasi porsi pemungutan suara dalam rapat. Biasanya, semua anggota dewan Apple dipilih kembali dan auditornya Ernst & Young diratifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper