Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Google Setuju Bayar 30 Juta Dolar per Tahun ke Nine Entertainment untuk Konten Berita

Sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut, mengatakan Nine telah menandatangani letter of intent dengan Google dalam semalam untuk kesepakatan senilai lebih dari $30 juta tunai setiap tahun selama lima tahun.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  00:55 WIB
Pengguna Chrome sebenarnya sudah dapat memblokir sendiri sejumlah iklan yang menyedot banyak daya berkat fitur
Pengguna Chrome sebenarnya sudah dapat memblokir sendiri sejumlah iklan yang menyedot banyak daya berkat fitur "Heavy Ad Intervention" yang dirilis Google untuk Chrome 80 pada awal tahun ini. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Google telah setuju untuk membayar Nine Entertainment Co lebih dari $30 juta secara tunai setiap tahun untuk penggunaan konten beritanya.

Sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut, mengatakan Nine telah menandatangani letter of intent dengan Google dalam semalam untuk kesepakatan senilai lebih dari $30 juta tunai setiap tahun selama lima tahun. Kesepakatan komersial terakhir dapat dicapai dalam dua minggu berikutnya. Beberapa sumber tidak dapat berbicara secara terbuka karena perjanjian kerahasiaan mengatakan kesepakatan itu adalah perjanjian terbesar untuk berita yang telah ditandatangani Google di Australia hingga saat ini.

Nine adalah pemilik The Sydney Morning Herald dan The Age.

Sumber tersebut mengatakan kesepakatan lima tahun adalah untuk penggunaan artikel berita pada berbagai produk yang berbeda seperti Google News Showcase dan Subscribe with Google, produk yang membantu outlet berita terlibat dengan pelanggan, tetapi kesepakatan bagi hasil untuk penggunaan konten di YouTube bukan bagian dari pengaturan Nine.

Perjanjian tersebut penting karena mencakup konten dari surat kabar utama Nine, televisi, radio, dan aset digital, dan akan menyediakan dana yang cukup untuk mendukung ruang redaksi perusahaan. Ini juga berarti Google tidak akan dipaksa ke dalam proses arbitrase berisiko dengan Nine di bawah kode tawar media baru pemerintah, yang akan diperdebatkan di Parlemen hari ini. Google sebelumnya mengancam akan mematikan mesin pencari di Australia jika pemerintah tidak merevisi aspek kodenya.

Nine adalah perusahaan media domestik terbesar hingga saat ini yang menandatangani letter of intent dengan raksasa mesin pencari senilai $ 1,8 triliun. Seven West Media milik Kerry Stokes mengumumkan pada hasil keuangannya bahwa mereka telah menandatangani surat kesepahaman dengan raksasa teknologi tersebut untuk penggunaan kontennya,.

Persyaratan pengaturan tidak diungkapkan, tetapi sumber  telah mengindikasikan sebagian dari uang tersebut dalam kredit iklan dan perjanjian bagi hasil untuk penggunaan konten di YouTube.

Kesepakatan yang akan dibuat Google dengan perusahaan seperti Nine dan Seven tidak untuk penggunaan konten dalam pencarian. Namun, organisasi pada prinsipnya bersedia menerimanya karena jumlah uang di atas meja bernilai sama, atau serupa, dengan jumlah yang akan diterima perusahaan untuk menampilkan konten di penelusuran Google.

Sumber itu juga mengatakan pada hari Senin bahwa letter of intent antara Guardian Australia, Nine dan ABC akan segera terjadi. Guardian Australia dan ABC dapat menandatangani kesepakatan untuk konten mereka sedini mungkin. Pembicaraan dengan outlet lain seperti Daily Mail Australia dan News Corp Australia sedang berlangsung. News Corp, yang memiliki serangkaian makalah di Australia serta The Wall Street Journal dan The Times of London, diperkirakan akan menandatangani kesepakatan global untuk isinya.

Google mendekati kesepakatan konten berita dengan ABC, Nine, Guardian

Setiap perjanjian yang dibuat oleh Google sangat penting bagi raksasa teknologi itu karena menunggu Parlemen Federal untuk memperdebatkan undang-undang kode tawar media minggu ini, yang akan memaksanya dan Facebook ke dalam arbitrase wajib dengan outlet berita untuk pembayaran atas nilai yang mereka peroleh dari memiliki konten berita. di umpan berita dan hasil pencarian.

Jika surat-surat yang ditandatangani oleh Nine and Seven berubah menjadi perjanjian komersial, mereka akan mengizinkan Google untuk menghindari proses arbitrase yang berisiko, tetapi eksekutif media masih percaya bahwa undang-undang tersebut sangat penting untuk memastikan perusahaan teknologi membayar konten berita dan berkontribusi untuk mendanai jurnalisme kepentingan publik. Ini juga akan mencegah Google mundur dari pengaturan.

"Kami terus melakukan diskusi konstruktif dengan platform digital dan ketika kami memiliki sesuatu untuk diumumkan, kami akan melakukannya ke ASX sebagaimana mestinya," kata juru bicara Nine dilansir dari smh.au.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google berita
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top