Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catat! Bank-bank Ini Mulai Menyalurkan Dana FLPP untuk Rumah MBR

Lima bank mulai merealisasikan penyaluran daa FLPP untu mendorong rogram pembangunan hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  16:31 WIB
Perumahan bersubsidi  -  Kementerian PUPR
Perumahan bersubsidi - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan lima bank telah mulai menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun ini.

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan lima bank penyalur dana FLPP perdana ini untuk tahun ini dimulai oleh BRI sebanyak 176 unit, disusul oleh Bank Kalsel 3 unit, Bank BJB 44 unit, Bank Jambi 52 unit, dan Bank Jambi Syariah 5 unit.

“Sebelumnya BNI syariah dan BRI Syariah sudah menjadi bank pelaksana FLPP, ke depan dengan adanya merjer akan menjadi satu. Saat ini masih menunggu proses nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) dengan pihak Ditjen Pembiayaan Infrastruktur dan PPDPP," ujar Arief pada Kamis (18/2/2021).

Dia juga mengatakan bahwa Bank DKI juga sedang dalam proses pembahasan kerja sama dengan PPDPP sehingga akan ada perubahan jumlah bank pelaksana.

Tahun ini bank pelaksana FLPP berjumlah 38 bank yang terdiri dari 9 bank nasional dan 29 bank pembangunan daerah. Ke depan diperkirakan terjadi perubahan bank pelaksana karena terjadi merjer antara BNI Syariah, BRI Syariah dan Bank Mandiri Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia.

Dana FLPP mulai bergulir untuk tahun 2021 telah tersalurkan sebanyak 280 unit senilai Rp30,51 miliar per Selasa (16/2/2021) dari total target 157.500 unit senilai Rp19,1 triliun.

Arief menyatakan tingginya target penyaluran dana FLPP tahun ini mengharuskan bank pelaksana FLPP bekerja lebih keras dalam mengoptimalkan penyaluran.

Di sisi lain, dia mengingatkan pula kepada pengembang agar tetap memperhatikan kualitas hunian yang dibangun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan flpp
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top