Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkatkan Infrastruktur Rakyat, PUPR Naikkan Anggaran P3-TGAI

Target lokasi dan anggaran P3-TGAI pada 2021 masing-masing naik 20 persen dari target 2020.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 15 Februari 2021  |  17:42 WIB
Warga terdampak Covid/19 mengikuti program padat karya Pemkab Musi Banyuasin, Sumsel, yakni membersihkan Danau Siarak di daerah tersebut. istimewa
Warga terdampak Covid/19 mengikuti program padat karya Pemkab Musi Banyuasin, Sumsel, yakni membersihkan Danau Siarak di daerah tersebut. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan meningkatkan konstruksi infrastruktur skala kecil sepanjang 2021. Salah satu caranya adalah meningkatkan kapasitas Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) pada tahun ini.

Adapun, target lokasi dan anggaran P3-TGAI pada 2021 masing-masing naik 20 persen dari target 2020. Target lokasi P3-TGAI naik menjadi 12.000 lokasi, sedangkan anggaran P3-TGAI tumbuh ke level Rp2,7 triliun.

"P3-TGAI sekarang sudah berjalan karena sesuai perintah Presiden Joko Widodo, Februari 2021 harus sudah berjalan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan resmi, Senin (15/2/2021).

Basuki menyatakan upah harian pekerja di luar Pulau Jawa dapat mencapai Rp125.000 per orang, sedangkan upah harian pekerja di Pulau Jawa berkisar Rp75.000 per orang.

P3 TGAI merupakan pekerjaan perbaikan/rehabilitasi/peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif yang melibatkan masyarakat, untuk mendukung kedaulatan pangan. Petani pekerja diberikan upah harian atau mingguan, sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk desa terutama di antara musim tanam dan panen.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumber daya air padat karya
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top