Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minuman Alkohol Tak Berharap Banyak Tahun ini, Kok Bisa?

Pelaku industri minuman beralkohol mengaku masih tak memiliki harapan besar tahun ini, lantaran sejumlah pembatasan wilayah yang masih berlangsung di seluruh dunia.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 10 Februari 2021  |  18:10 WIB
Ilustrasi Minuman beralkohol. Tanpa kegiatan sosial dan wisata minuman alkohol memang akan sulit.  - ANTARA
Ilustrasi Minuman beralkohol. Tanpa kegiatan sosial dan wisata minuman alkohol memang akan sulit. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku industri minuman beralkohol mengaku masih tak memiliki harapan besar tahun ini, lantaran sejumlah pembatasan wilayah yang masih berlangsung di seluruh dunia.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Importir dan Distributor Minuman Indonesia (APIDMI) mengatakan pelarangan melakukan perjalanan untuk turis asing di berbagai negara juga masih terjadi saat ini. Alhasil, tahun ini hampir tidak akan ada pendorong kinerja minuman alkohol yang bisa diharapkan.

"Tahun lalu tanpa turis asing memang konsumsi sudah turun lebih dari 50 persen. Permohonan impor minuman dari 14 perusahan juga hanya 40 persen yang disetujui karena perizinan terlambat hampir 8 bulan. Bahkan, ada yang izin impor tidak dilakukan karena tidak berani dengan lalu lintas Internasional banyak tertahan akibat Covid-19," katanya kepada Bisnis, Rabu (10/2/2021).

Ipung menyebut pihaknya saat ini juga menaruh harapan yang besar kepada Menteri Perdagangan yang baru karena memiliki janji untuk lebih transparan ke depannya. Hal itu, agar ke depannya kinerja industri minuman alkohol dapat mendorong peningkatan kinerja.

Menurut Ipung, industri ini paling tidak akan mulai menikmati pertumbuhan pada tahun depan setelah kegiatan vaksinasi membuahkan hasil yang baik. Dia memastikan tanpa kegiatan sosial dan wisata minuman alkohol memang akan sulit.

"Apalagi di sini mindset-nya masih dikaitkan dengan agama tertentu. Kalau kafe tutup, sentra wisata tutup, kami hanya bisa berdoa soalnya ini juga bukan produk yang umumnya di stok di rumah oleh masyarakat," ujar Ipung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kafe minuman beralkohol
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top