Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Multilateralisme, Menlu Minta Hentikan Nasionalisme Vaksin

Peran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui Fasilitas COVAX adalah kunci penanganan pandemi global.
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat menyampaikan keterangan pers terkait hasil pertemuan KTT Ke-37 Asean di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020 - Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat menyampaikan keterangan pers terkait hasil pertemuan KTT Ke-37 Asean di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020 - Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meminta negara-negara menghentikan politisasi dan nasionalisme vaksin Covid-19.

Sebagai gantinya, Retno mendorong kerja sama multilateralisme untuk bersama-sama menangani pandemi Covid-19.

“Jadi tolong hentikan politisasi vaksin, hentikan nasionalisme vaksin. Kita harus mengingatkan diri kita bahwa vaksin adalah isu kemanusiaan, bukan isu politik,” tutur Retno dalam salah satu diskusi panel World Economic Forum (WEF), dilansir Antara, Jumat (29/1/2021).

Retno menyebut nasionalisme vaksin, yakni suatu kondisi ketika satu negara ingin mengamankan pasokan vaksin untuk kepentingan warganya sendiri. Jika itu dilakukan, maka akan mengancam distribusi vaksin yang adil dan merata bagi seluruh negara di dunia.

Padahal, sebagai ketua bersama mekanisme COVAX AMC Engagement Group, Indonesia menekankan upaya multilateralisme untuk pemenuhan akses terhadap vaksin bagi 92 negara berpenghasilan menengah dan rendah yang tergabung di dalamnya.

“Akses yang adil dan merata terhadap vaksin untuk semua negara adalah isu penting. Hal ini tidak hanya penting bagi negara berkembang dan kurang berkembang, tetapi juga penting bagi negara maju dan dunia,” tekannya.

Ia menggarisbawahi peran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui Fasilitas COVAX adalah kunci penanganan pandemi global.

Selain itu, semangat kerja sama yang ditunjukkan Aliansi Vaksin (GAVI) lewat komitmen penyediaan 2 miliar dosis vaksin bagi negara-negara yang membutuhkan harus diapresiasi oleh semua pihak. “Kita pulih lebih kuat, jika kita pulih bersama,” ujar Retno.

Kekhawatiran tentang meningkatnya nasionalisme vaksin juga disuarakan oleh Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono, yang turut berbicara dalam diskusi WEF.

“Kami melihat nasionalisme vaksin muncul dan para pemimpin dapat mengubah pandangan ‘ke dalam’ [inward looking] untuk menyelesaikan masalah domestiknya,” kata dia.

Taro, yang bertugas menyediakan vaksin bagi 120 juta populasi Jepang khawatir tentang situasi saat ini terlebih ketika Uni Eropa mengatakan akan menutup ekspor vaksin hingga seluruh negara Eropa memilikinya.

“Dapat dimengerti untuk mengutamakan warga negaranya sendiri, tetapi kita hidup di planet yang sama dan rantai pasokan bersifat global. Jika kita mengganggu rantai pasokan dengan satu cara, itu dapat menyebabkan pembalasan,” tambahnya.

Menurutnya, sudah waktunya bagi para pemimpin negara untuk duduk bersama dan menghasilkan strategi vaksin global guna memastikan distribusi vaksin kepada negara-negara yang paling membutuhkan.

“Kita perlu memperoleh mekanisme multilateral untuk menyelesaikan masalah ini,” ujar dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan penolakan terhadap nasionalisme vaksin, saat dia mengatakan bahwa negara-negara miskin harus menonton dan menunggu. Sebaliknya, negara-negara kaya melakukan vaksinasi.

Menyoroti kesenjangan yang semakin melebar antara si miskin dan si kaya, Tedros mengingatkan dunia menghadapi bencana kegagalan moral jika tidak bekerjasama untuk kesetaraan vaksin.

Tedros mencontohkan bahwa lebih dari 39 juta dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di 49 negara berpenghasilan tinggi, sedangkan hanya 25 juta dosis telah diberikan di satu negara miskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper