Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Produksi Metanol dan Hidrogen dari Panas Bumi

Kapasitas geotermal Pertamina akan meningkat menjadi 727 MW pada tahun ini dari kapasitas pada tahun lalu 672 MW.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  18:59 WIB
Suasana PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 di Tompaso, Kabupaten Minahasa, Jumat (13/3/2020). PGE menargetkan pengeboran sumur semi eksplorasi untuk pembangunan PLTP Unit 7 dan Unit 8 akan dimulai pada Semester II/2020. Bisnis - Lukas Hendra.
Suasana PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 di Tompaso, Kabupaten Minahasa, Jumat (13/3/2020). PGE menargetkan pengeboran sumur semi eksplorasi untuk pembangunan PLTP Unit 7 dan Unit 8 akan dimulai pada Semester II/2020. Bisnis - Lukas Hendra.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) akan mengembangkan potensi dari panas bumi untuk memproduksi metanol dan green hydrogen.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa dari pengembangan panas bumi yang akan digenjot dalam 5 tahun ke depan, pihaknya akan menghasilkan dua produk tersebut.

Untuk pengembangan metanol dan green hydrogen, Pertamina telah menguji coba mengolah sumber daya dari panas bumi untuk dua produk tersebut. Nantinya produk itu bisa menjadi salah satu alternatif bahan bakar tanpa karbon.

“Tentu saja menambah portofolio dan kontribusi dari Pertamina untuk lingkungan,” katanya dalam webinar Sustainable Energy: Grean and Clean, Kamis (28/1/2021).

Seiring dengan besarnya potensi panas bumi di dalam negeri, Pertamina berencana untuk meningkatkan kapasitas geotermal dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Dia memaparkan bahwa kapasitas geotermal Pertamina akan meningkat menjadi 727 MW pada tahun ini dari kapasitas pada tahun lalu 672 MW. Berdasarkan perhitungan Pertamina, kapasitas geothermal akan ditingkatkan sebesar 8,76 persen selama periode 2020—2026 menjadi 1.112 MW.

“Potensi geotermal di Indonesia masih sangat besar sekitar 26 GW yang masih bisa dikembangkan,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina methanol
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top