Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko Airlangga Beberkan 3 Kunci Akselerasi Ekonomi Indonesia di 2021

Ketiga kunci ini adalah menjaga konsumsi dan daya beli, Daftar Prioritas Investasi serta percepatan reformasi melalui UU Cipta Kerja, reformasi anggaran dan pembentukan LPI.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  00:16 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto / Youtube Sekretariat Presiden RI
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto / Youtube Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan soal faktor kunci yang dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional di 2021.

Pertama adalah menjaga konsumsi rumah tangga untuk mendorong daya beli masyarakat, sebab hal ini menyumbang 57 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

"Untuk kelas menengah atas dapat didorong kepercayaannya kembali kepada kondisi perekonomian nasional, sehingga mereka mau membelanjakan uangnya lagi," paparnya, Selasa (19/1/2021).

Sementara itu, untuk kelas menengah bawah dapat dijaga daya belinya dengan menggencarkan program bantuan sosial, perlindungan sosial, maupun penguatan UMKM (misalnya melalui KUR).

Kedua, percepatan reformasi -baik fiskal maupun struktural- antara lain melalui UU Cipta Kerja, reformasi anggaran, dan pembentukan Lembaga Pengelola Investasi (LPI). Penyusunan Daftar Prioritas Investasi (DPI) atau positive list juga diharapkan akan membantu penambahan investasi ke dalam negeri.

Ketiga, penyusunan Daftar Prioritas Investasi (DPI) atau positive list juga diharapkan akan membantu penambahan investasi ke dalam negeri.

Pada Desember 2020, Bank Dunia juga telah merekomendasikan empat kunci yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia, yakni memprioritaskan kesehatan public; monitoring dan melanjutkan bantuan kepada rumah tangga dan korporasi, terutama masyarakat 40% terbawah; reformasi fiskal; dan reformasi struktural.

Airlangga yakin ekonomi Indonesia diproyeksikan mengalami perbaikan pada kuartal IV/2020. Kondisi ini, menurutnya, akan berlanjut hingga pada 2021 ini hingga tumbuh di kisaran 4,5 persen-5,5 persen.

Dia juga melihat prompt indikator menunjukkan kinerja industri dan kegiatan dunia usaha juga akan semakin baik di triwulan I/2021.

“Meskipun saat ini masih ada pembatasan sosial, namun akan kita dorong dalam waktu setahun ini,” ujar Menko Airlangga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto cipta kerja pemulihan ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top