Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantan CEO Freeport Jim Bob Moffett Tutup Usia

Moffett adalah ahli geologi dan ahli geologi legendaris yang memiliki kredit termasuk deposit tembaga Grasberg di Indonesia, serta membangun Freeport menjadi raksasa industri pertambangan selama dua dekade sebagai CEO dan tiga dekade sebagai ketua.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  16:24 WIB
James R
James R "Jim Bob" Moffett - drillingcontractor.org

Bisnis.com, JAKARTA - James Robert “Jim Bob” Moffett, mantan CEO Freeport-McMoRan Inc., telah meninggal dunia di usia 82 tahun.

Sayangnya, tidak ada alasan yang diberikan dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh produsen tembaga terdaftar terbesar di dunia.

Dikutip dari Bloomberg, Moffett adalah ahli geologi dan ahli geologi legendaris yang memiliki kredit termasuk deposit tembaga Grasberg di Indonesia, serta membangun Freeport menjadi raksasa industri pertambangan selama dua dekade sebagai CEO dan tiga dekade sebagai ketua.

Dalam pengawasannya, perusahaan tersebut mengalami ledakan komoditas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bahkan, Freeport memperluas bisnis untuk menantang Codelco sebagai penambang tembaga terbesar di dunia kala itu.

"Jim Bob adalah seorang legenda dan visioner dalam industri sumber daya alam," kata Ketua Gerald Ford dan CEO Richard Adkerson dalam pernyataannya.

"Semangat dan dorongannya yang tiada henti sebagai seorang penjelajah mengarah pada penemuan dan pengembangan cadangan minyak dan gas serta mineral kelas dunia selama karirnya yang panjang," sambungnya.

Moffett lulus dengan gelar Bachelor of Science dengan penghargaan khusus di bidang geologi dari University of Texas di Austin. Dia kemudian menerima gelar Master of Science di bidang geologi dari Tulane University.

Dia menjadi salah satu pendiri McMoRan Exploration Co. pada 1969, kemudian bergabung dengan Freeport Minerals Co. pada 1981 untuk membentuk Freeport-McMoRan.

Moffett menjabat sebagai CEO dari 1984 hingga 2003 dan pemimpin perusahaan dari 1984 hingga 2015. Aset perusahaan termasuk tambang yang menjadi andalannya, yakni tambang Grasberg, Papua, serta operasi tembaga dan molibdenum di Amerika.

Moffett mengundurkan diri sebagai ketua eksekutif pada 2015, karena ledakan harga komoditas dan diadiangkat sebagai ketua emeritus dan konsultan dewan Freeport.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Freeport
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top