Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ADB: Sektor Transportasi Masih Tertekan Covid-19 Tahun Depan

ADB memprediksi hingga tahun depan masyarakat dinilai masih akan tetap hidup berdampingan dengan Covid-19, terlebih untuk sektor transportasi.
Ilustrasi Virus Corona (Covid-19)
Ilustrasi Virus Corona (Covid-19)

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam mendorong pergerakan masyarakat akan mendapatkan tantangan dari penyebaran dan mutasi virus Covid-19 jenis terbaru.

Vice President Asian Development Bank (ADB) Bambang Susantono mengatakan hingga tahun depan masyarakat masih akan tetap hidup berdampingan dengan Covid-19 seperti yang dialami pada tahun ini. Menurutnya pemulihan tidak akan berlangsung cepat. Berdasarkan skenario ADB upaya pengetatan yang dilakukan sebuah negara memang selalu berkorelasi dengan pergerakan ekonominya.

Menurutnya kurva pemulihan tak akan membentuk seperti huruf V dan dan akan memakan waktu lama untuk kembali ke periode normal. Terlebih, lanjutnya, kehadiran vaksin dan vaksinasi adalah dua hal yang berbeda.

“Ketersediaan vaksin tidak otomatis kita bisa melakukan vaksinasi. Vaksinasi pun tidak serta merta memiliki herd immunity. Yang belum kita tahu juga dan diriset adalah mutasi baru dari Covid-19 sejauh mana vaksin mampu menanggulangi tersebut masih membutuhkan riset yang sekarang berjalan,” ujarnya, Senin (28/12/2020).

Dia menilai kondisi yang sama masih akan terjadi di sektor transportasi pada tahun depan. Transportasi, masih menjadi tulang punggung bagi pergerakan ekonomi.

Bambang menjelaskan dalam kondisi adanya Covid-19 dan tidak ada Covid-19, mobilitas barang dan penumpang tetap harus berlangsung mulai dari skala paling kecil di sektor rumah tangga hingga skala yang lebih besar.

Pada tahun depan, dia memprediksi terdapat tiga hal yang perlu didefinisikan kembali di sektor ini dengan adanya pandemi Covid-19, di antaranya yakni safety, digitalize, dan green.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper