Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Pastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Jakarta-Bali Siap Digunakan

Direncanakan hingga 2025 mendatang, PLN akan membangun 2.400 SPKLU.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 27 Desember 2020  |  20:26 WIB
Komisari PT PLN (Persero) Dudy Purwagandhi mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jalan Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/12/2020). - ANTARA
Komisari PT PLN (Persero) Dudy Purwagandhi mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jalan Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/12/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik di rute perjalanan Jakarta-Bali. Kesiapan PLN ini ditandai dengan keberhasilan uji coba kendaraan listrik di rute tersebut.

Komisaris PLN Dudy Purwagandhi melakukan uji coba mulai dari titik awal keberangkatan di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (25/12/2020), untuk mencoba kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disiapkan oleh perseroan.

Keberhasilan uji coba ini merupakan bukti bahwa infrastruktur kendaraan listrik dari Jakarta hingga ke Bali sudah siap digunakan dan dimanfaatkan untuk para pengguna kendaraan listrik. PLN akan terus memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pembentukan ekosistem baru ini.

“Perjalanan yang sangat mengesankan, PLN berhasil membuktikan dengan SPKLU-nya bisa mengantarkan kendaraan listrik melaju jauh dari Jakarta sampai ke Bali tanpa hambatan dan kendala,” ujar Dudy melalui siaran pers, Minggu (27/12/2020).

Dudy menjelaskan perjalanan menuju ke Bali ini memang dilakukan dengan santai dan tidak terburu-buru untuk mengejar waktu. Perjalanan ini ditujukan untuk mencoba infrastruktur SPKLU yang sudah disiapkan oleh PLN, sehingga terdapat beberapa titik pemberhentian untuk dilakukan pengisian listrik.

“Alhamdulillah kami telah sampai di Kantor Unit Induk Distribusi (UID) Bali. Kami ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh pihak yang terkait atas bantuan dan dukungannya sehingga perjalanan kami sampai ke tujuan dengan lancar dan tanpa halangan apapun,” kata Dudy.

Ke depan, PLN telah merencanakan pembangunan infrastruktur SPKLU lain. Melalui uji coba ini juga bertujuan menyerap dan menyampaikan aspirasi untuk kemudian direalisasikan, sekaligus mengampanyekan kepada masyarakat terkait kendaraan listrik sebagai moda transportasi baru di Indonesia.

Sebelumnya, PLN telah meresmikan penambahan empat SPKLU di ruas Tol Surabaya—Jakarta, yaitu SPKLU Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

PLN berkomitmen untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan. Direncanakan hingga 2025 mendatang, PLN akan membangun 2.400 SPKLU.

Hal ini merupakan langkah nyata PLN dalam mendukung percepatan program KBLBB untuk transportasi jalan sesuai dengan Perpres Nomor 55 Tahun 2019.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik PLN bali Jakarta Kendaraan Listrik
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top