Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Beri Tiga Tugas Besar ke Mendag Lutfi

Muhammad Lutfi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perdagangan yang baru. Ini tiga tugas yang diberikan pesiden kepadanya.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  21:23 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. - Istimewa
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo memberikan tiga tugas besar kepadanya usai resmi dilantik pada Rabu (23/12/2020).

Tugas pertama yang diberikan Presiden adalah pengendalian stabilitas harga barang di dalam negeri, terutama soal inflasi.

Lutfi juga ditugasi untuk meningkatkan akses UMKM ke pasar ekspor, termasuk membenahi struktur Balai Latihan Ekspor.

"Yang ketiga adalah bagaimana Indonesia bisa menembus pasar nontradisional melalui perundigan  seperti partnership agreement," kata Lutfi selepas upacara serah terima jabatan seperti dikutip dari video yang diunggah Kemendag.

Meski tahun ini Indonesia telah merampungkan sejumlah perundingan dagang penting seperti RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership) dan Indonesia-Korea CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement), Lutfi menilai masih ada peluang untuk memperluas kerja sama dengan mitra nontradisional. Pasar ini mencakup negara-negara di Afrika dan Amerika Selatan.

Lutfi menjadi satu dari enam orang yang ditunjuk Joko Widodo sebagai menteri baru dalam perombakan kabinet yang diumumkan pada Selasa (22/12/2020). Dia dilantik menggantikan Agus Suparmanto yang menjabat pada tahun pertama Kabinet Indonesia Maju.

Sebelum mengisi posisi sebagai punggawa Kementerian Perdagangan, Lutfi adalah Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dia juga pernah mengisi jabatan Menteri Perdagangan pada masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menteri perdagangan kementerian perdagangan
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top