Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Resmikan Pelabuhan Patimban, Ridwan Kamil: Takdir Luar Biasa

Kota Subang diharapkan tumbuh menjadi kawasan industri baru seiring hadirnya Pelabuhan Patimban.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 Desember 2020  |  17:42 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami dalam peresmian Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. - Bisnis / Anitana W.P
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami dalam peresmian Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. - Bisnis / Anitana W.P

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah provinsi Jawa Barat mengharapkan dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban tahap pertama di Jawa Barat dapat menjadi cikal bakal rencana kota pelabuhan dan industri Patimban.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan pihaknya berterimakasih atas takdir luar biasa yang menghampiri Jawa Barat dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat.

"Atas nama Pemprov Jabar dan rakyat Jabar kami menghaturkan terima kasih atas takdir luar biasa ini di tanah kami di Jawa Barat," ujarnya dalam sambutan saat soft launching di Pelabuhan Patimban pada Minggu (20/12/2020) bersama Presiden Joko Widodo.

Ridwan menyebutkan Patimban akan menjadi cikal bakal kawasan  metropolitan Rebana yang terdiri dari 13 kota industri baru. Dia menambahkan Patimban juga akan didorong menjadi  kota maritim dengan satu juta penduduk.

Segitiga Rebana merupakan lahan yang ditujukan untuk merangsang investasi di sebelah utara dan timur Jawa Barat. Kawasan ini meliputi meliputi Subang, Cirebon dan Majalengka.

Pembangunan kota industri maritim ini diperkirakan membutuhkan waktu selama 30 tahun mendatang hingga kota sempurna terbentuk. Ini berkaca dari kesuksesan kawasan industri Bekasi.

Ridwan memprediksikan apabila kawasan metropolitan Rebana ini berhasil, maka akan tercipta sebanyak 4,3 juta pekerjaan dalam 15 tahun ke depan. Kawasan ini diharapkan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi hingga 4 persen untuk Provinsi Jawa Barat. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi ridwan kamil pelabuhan patimban
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top