Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KNKT: Kecelakaan Darat Paling Sering Terjadi Sepanjang 2020

Meski kecelakaan udara mendominasi kasus yang diinvestigasi KNKT, tapi porsi kecelakaan darat paling sering terjadi.
Kecelakaan di tol Cipali./Antara
Kecelakaan di tol Cipali./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Moda penerbangan menyumbang angka terbesar kecelakaan transportasi yang diinvestigasi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sepanjang tahun 2020, sedangkan moda jalan menjadi yang paling sering terjadi.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menuturkan pada moda penerbangan hingga Juli 2020 terjadi kecelakaan yang jumlahnya sama dengan pada 2019.

"Ada beberapa kecelakaan kecil, ini yang selanjutnya kami diskusi langsung dengan yang mengalami insiden, kami sampaikan temuan KNKT untuk segera perbaikan dari sisi regulator berdiskusi, dari teman-teman operator, agar segera melakukan perbaikan," ujarnya, Kamis (17/12/2020).

Kendati sempat tinggi hingga semester I/2020, kecelakaan minor di moda udara dari Agustus 2020 hingga Desember 2020 kembali turun. Investigasi kecelakaan untuk moda penerbangan pada 2020 berjumlah 24 kasus dengan kategori 10 kecelakaan dan 14 kecelakaan serius.

Jumlah tersebut turun dari 2019 yang sebanyak 30 investigasi. Hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, kejadian runway excursion mendominasi kasus yang diinvestigasi yaitu sebanyak 10 kejadian.

Jumlah kecelakaan yang diinvestigasi KNKT terbanyak berikutnya adalah moda Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Moda LLAJ sepanjang 2020 melakukan investigasi kecelakaan sebanyak 12 investigasi.

"Lalu lintas jalan kami prihatin, khusus tol Cipali, usaha kami untuk Cipali ini luar biasa, tapi kecelakaan 85 persen karena human factor kelelahan tepatnya. Kami  bersama Dirjen Darat dengan pengelola tol Cipali, terus berupaya, karena kecelakaan di Cipali depan belakang sebulan itu bisa 36 kali kejadian, dari warga yang menyeberang itu 4-5 kali," paparnya.

Sebaliknya, investigasi kecelakaan untuk moda pelayaran tahun 2020 berjumlah 11 kasus kecelakaan yang terdiri dari 8 kasus domestik dan 3 kasus internasional.

Untuk moda kereta api, KNKT melaksanakan investigasi kecelakaan sepanjang tahun 2020 terhadap 2 kasus yang semuanya merupakan kejadian anjlokan kereta yaitu kejadian Anjlokan Kereta KA 322 Serayu pada 1 Oktober 2020 dan Anjlokan Kereta KA 3772A pada 10 Desember 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper