Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LinkedIn Ungkap Tantangan HRD di Era Digitalisasi

LinkedIn menilai HRD perlu mengantisipasi tantangan dari industri digitalisasi untuk kualitas sumber daya para karyawan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 10 Desember 2020  |  16:15 WIB
Ilustrasi - Inc.com
Ilustrasi - Inc.com

Bisnis.com, JAKARTA – Peran Human Resources Department (HRD) di setiap perusahaan makin dituntut menjadi yang terdepan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan dari industri digitalisasi.

Head of Talent and Learning Solutions – Malaysia & Vietnam, LinkedIn, Irene Ong mengatakan bahwa di era digital, HRD perlu mengantisipasi dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya para karyawan di organisasi atau perusahaan.

“54 persen dari semua karyawan akan membutuhkan peningkatan keterampilan yang signifikan untuk kebutuhan pasar pada 2022,” katanya dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Bisnis.com, Kamis (10/12/2020).

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa saat ini menjadi urgensi bagi HRD sebagai sarana untuk menghubungkan unit bisnis dan memobilisasi tenaga kerja dalam memberikan keterlibatan, akuisisi bakat, dan pembelajaran dan pengembangan para pekerjanya.

Irene pun menyebutkan bahwa pada 2020 keterampilan yang paling dibutuhkan perusahaan pada berkutat pada persuasi, kolaborasi, kemampuan beradaptasi, dan kecerdasan emosional.

Dia pun menyebutkan bahwa selain fokus pada pengembangan keterampilan, HRD juga dituntut menciptakan mobilitas internal bagi entitas yang memungkinkan perusahaan untuk menumbuhkan tenaga kerja yang lebih gesit dan tangguh.

Irene melanjutkan bahwa mobilitas tersebut, seperti membuka peluang karyawan untuk berpindah antar tim secara berkala.

“Ini bisa mengembangkan tenaga kerja multitalenta untuk proyek lintas fungsi dan manajemen bisa menemukan pemimpin masa depan dengan pemahaman organisasi dan kemampuan pemecahan masalah multi aspek,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa 94 persen karyawan juga akan bertahan di perusahaan lebih lama jika mereka memiliki peluang pengembangan dan mobilitas tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tenaga kerja linkedin
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top