Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tahun Depan, BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,8 Persen

Pemulihan ekonomi nasional yang tengah berlangsung diprakirakan semakin meningkat. Pada tahun 2021, ekonomi Indonesia diprakirakan tumbuh mencapai 4,8-5,8 persen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  12:06 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan materi saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (3/12 - 2020). Bisnis
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan materi saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (3/12 - 2020). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memproyeksikan ekonomi Indonesia pada 2021 akan tumbuh pada kisaran 4,8 hingga 5,8 persen.

"Pemulihan ekonomi nasional yang tengah berlangsung diprakirakan semakin meningkat. Pada tahun 2021, ekonomi Indonesia diprakirakan tumbuh mencapai 4,8-5,8 persen," katanya dalam pertemuan tahunan BI secara virtual, Kamis (3/12/2020).

Perry mengatakan pemulihan ekonomi pada tahun depan akan dodorong oleh peningkatan kinerja ekspor yang diperkirakan akan semakin membaik. Kemudian, konsumsi swasta dan pemerintah juga diperkirakan akan meningkat setelah tertekan dalam pada tahun ini.

Investasi pun, baik dari belanja modal Pemerintah maupun dari masuknya penanaman modal asing sebagai respons positif terhadap UU Cipta Kerja akan mulai membaik di tahun depan.

"Pertumbuhan di seluruh wilayah juga akan meningkat, khususnya Jawa serta wilayah Sulawesi-Maluku-Papua," ujarnya.

Perry memperkirakan stabilitas makroekonomi akan terjaga dengan inflasi yang akan terkendali sesuai sasaran 3±1 persen, serta nilai tukar Rupiah yang akan bergerak stabil dan berpotensi menguat.

"Stabilitas eksternal terjaga, dengan surplus neraca pembayaran didukung defisit transaksi berjalan yang rendah di sekitar 1,0-2,0 persen PDB," jelasnya.

Perry menambahkan, stabilitas sistem keuangan juga semakin membaik, dengan rasio permodalan yang tinggi, rasio kredit bermasalah yang rendah.

Demikian pula pertumbuhan dana masyarakat dan kredit yang masing-masing diperkirakan akan meningkat pada kisaran 7-9 persen pada 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Pertumbuhan Ekonomi perry warjiyo
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top