Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obral 6 Terminal ke Swasta, Pemerintah Ingin Seperti Negara Lain!

Penggunaannya enam terminal bus tersebut dapat digabungkan dengan pusat perbelanjaan, tempat wisata, hingga pusat perkantoran.
Foto aerial terminal bus Kampung Rambutan yang sepi di Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Foto aerial terminal bus Kampung Rambutan yang sepi di Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selesai merevitalisasi enam terminal tipe A. Revitalisasi terminal-terminal tersebut diharapkan menjadi pusat kegiatan masyarakat, seperti di negara lain.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menuturkan kehadiran investor dalam terminal-terminal yang baru saja selesai dibangun ini dapat menjadi stimulus agar terminal bus di Indonesia tidak kalah dari negara lain.

"Kami ingin terminal berikutnya akan sama seperti negara lain, ketika konvensional utilitas hanya untuk naik turun penumpang, kami ingin mengubah itu semua. Terminal lama berubah sama sekali, dengan memanfaatkan tenant branding nasional dan lokal," ujarnya, Senin (1/12/2020).

Dia menjelaskan enam terminal awal tersebut sudah dalam kondisi baru setelah direnovasi sehingga dapat dimanfaatkan sesuai pengembangan kota di wilayah tersebut. Penggunaannya dapat digabungkan dengan pusat perbelanjaan, tempat wisata, hingga pusat perkantoran.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Kemenhub Risal Wasal menyebutkan enam terminal tipe A yang selesai direnvasi itu adalah Terminal Anak Air, Padang; Guntur Melati, Garut; Mangkang, Semarang; Bulupitu, Purwokerto; dan Entrop, Jayapura.

"Konsep pengembangan terminal tipe A dengan memperhatikan peluang objek yang bisa dikerjasamakan dan pola kerja sama. Pemaparan peluang dan konsultasi bisnis, kami lakukan dari sana, menghitung nilai dan pola kerja sama bagi calon investor," jelasnya, Selasa (1/12/2020).

Dia berharap para investor dapat mengisi peluang dari terminal-terminal tipe A yang sudah selesai ditingkatkan kualitasnya oleh Kemenhub. Pihaknya juga berharap hadirnya terminal-terminal ini dapat membantu pemulihan ekonomi  pada 2021.

Risal menargetkan terminal-terminal itu dapat beroperasi pada musim puncak Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Kami berharap terminal sudah berfungsi, dalam waktu dekat terminal akan ramai dan difungsikan terutama terminal tipe A Mangkang," ujarnya.

Saat ini, kondisi pelayanan jasa transportasi khususnya pelayanan terminal angkutan jalan di berbagai daerah diakuinya masih belum optimal.

Melalui amanat Undang-Undang No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, pemerintah pusat akan bersinergi dengan daerah untuk terus memperbaiki dan membenahi pelayanan terminal demi kenyamanan pengguna transportasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper