Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aprobi Sebut Pabrikan Biodiesel Tambah Kapasitas Produksi di 2021

Pabrikan biodiesel akan merealisasikan penambahan kapasitas produksi pada 2021 setelah rencana tersebut tertunda pada tahun ini akibat terdampak pandemi Covid-19.
Ilustrasi bahan bakar Biodiesel B20. /Reuters-Mike Blake
Ilustrasi bahan bakar Biodiesel B20. /Reuters-Mike Blake

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan biodiesel akan merealisasikan penambahan kapasitas produksi pada 2021 setelah rencana tersebut tertunda pada tahun ini akibat terdampak pandemi Covid-19.

Ketua Umum Asoasi Produsen Biofuels Indonesia (Aprobi) MP Tumanggor menyatakan produsen biodisel telah merencanakan penambahan kapasitas produksi untuk mendukung program B30. Namun, pandemi Covid-19 mengakibatkan rencana penambahan produksi ditunda.

"Penambahan kapasitas produksi mundur pelaksanaannya hingga 2021 dan 2022 setelah adanya penyesuaian kondisi pandemi Covid-19," ujarnya, Selasa (1/12/2020).

Pada 2020 direncanakan ada penambahan kapasitas produksi sebesar 3,6 juta kiloliter menjadi mundur ke tahun 2021 sebesar 3,4 juta kiloliter.

Menurutnya, kelanjutan program B30 pada 2020 dapat berjalan optimal dengan dukungan ketersediaan pasokan bahan baku dan kelancaran kegiatan transportasi logistik.

Data APROBI menunjukkan produksi dari Januari sampai Oktober 2020 sebesar 7,197 juta kiloliter. Dari jumlah ini penyaluran domestik sebesar 7,076 juta kiloliter dan ekspor sebesar 16.331 kiloliter.

Ketua Harian APROBI Paulus Tjakrawan menyebutkan implementasi B30 merupakan upaya memenuhi komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 26 persen dari BAU (Business as Ussual) pada 2020 dan pengurangan emisi 29 persen pada 2030.

“Kontribusi B30 berdampak positif bagi pengurangan emisi gas rumah kaca," katanya melalui keterangan tertulis.

Dari aspek ekonomi, kata Paulus, tenaga kerja sektor hulu yang terserap sebanyak 1,2 juta orang, penyerapan biodisel di dalam negeri menjaga keseimbangan suplai dan permintaan kelapa sawit.

Selain itu harga TBS petani juga stabil mengikuti pergerakan harga CPO, sedangkan program hilirisasi sawit juga bergerak untuk meningkatkan nilai tambah. Menurut Paulus, implementasi biodisel mampu menggerakkan hilirisasi sawit sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

Paulus menyebutkan pencampuran biodisel dengan solar mendukung ketahanan dan kemandirian energi nasional. Impor solar dapat terus berkurang dibandingkan tahun-tahun sebelum B30 berjalan.

Dampak positifnya adalah defisit neraca dagang dapat berkurang. Implementasi B30 membuat Indonesia menghemat devisa dari impor migas hingga 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp70 triliun (kurs Rp 14.000)

Saat ini Kementerian ESDM RI berencana untuk meningkatkan lagi pencampuran kadar biodisel menjadi B40. Kegiatan penelitian uji coba seperti uji kinerja dan uji jalan yang akan di laksanakan pada 2021.

Agar program bodisel 2021 semakin lancar dan tidak ada hambatan di permulaan tahun, kata Paulus, maka produsen mengharapkan dukungan dari semua pihak termasuk percepatan keluarnya peraturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper