Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menparekraf: Libur Panjang Akhir Tahun Jadi Harapan Pelaku Usaha

Liburan akhir tahun menjadi periode tersibuk bagi pelaku usaha pariwisata, tetapi tampaknya kesibukan itu tidak terjadi pada tahun ini.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 27 November 2020  |  13:51 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024 Wishnutama Kusubandio menyampaikan sambutan seusai serah terima jabatan dengan Menteri Pariwisata periode 2014-2019 Arief Yahya di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024 Wishnutama Kusubandio menyampaikan sambutan seusai serah terima jabatan dengan Menteri Pariwisata periode 2014-2019 Arief Yahya di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Wishnutama Kusubandio menyatakan pelaku usaha pariwisata sangat berharap dengan liburan panjang akhir tahun ini untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Pariwisata secara virtual, Jumat (27/11/2020).

“Beberapa hotel di Benoa, tingkat okupansinya lebih dari 60 persen, Nusa Dua 40 persen, sudah menggelita per hari ini. Pariwisata kita sangat menjanjikan tetapi memang paa pelaku berharap dengan liburan akhir tahun ini,” katanya.

Untuk itu, dia mengaku sudah berkomunikasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy terkait dengan kepastian liburan panjang akhir tahun.

Seperti diketahui, pemerintah berencana memangkas liburan akhir tahun ini seiring dengan kekhawatiran kembali melonjaknya jumlah kasus Covid-19.

Pembahasan hari libur nasional nantinya akan dihadiri tiga menteri yaitu Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Ketiga menteri ini juga yang mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) pada penentuan libur nasional 2020 yang disahkan pada 20 Mei 2020.

"Yang berkaitan masalah libur, cuti bersama akhir tahun, termasuk libur cuti bersama pengganti Idul Fitri, Presiden minta agar ada pengurangan," kata Muhadjir dalam konferensi pers usai menghadiri Ratas bersama Presiden Jokowi, Senin (23/11/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata Libur Akhir Tahun Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top