Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bioskop Kembali Dibuka, GPBSI : Sinyal Pemulihan Belum Terlihat

Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) menyatakan sejumlah pelaku usaha masih melakukan tes pasar dengan membuka sebagian jaringan bioskop mereka.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 17 November 2020  |  15:47 WIB
rnPengunjung menyaksikan film yang diputar di salah satu bioskop, di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (19/10/2020). - Antara\r\n
rnPengunjung menyaksikan film yang diputar di salah satu bioskop, di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (19/10/2020). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Pembukaan sejumlah bioskop di Indonesia, terutama di Jakarta, ternyata belum bisa memberikan indikasi bahwa sektor industri ini mulai menunjukkan pemulihan.

Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin mengatakan hanya segelintir bioskop saja yang sudah mulai buka dengan keterbatasan stok film.

“Masih ada sebagian yang belum buka. XXI baru kemarin [Senin], CGV juga begitu, Cinepolis, apalagi yang independen. Kita baru tes pasar,” katanya ketika dihubungi Bisnis, Selasa (17/11/2020).

Pasalnya, kapasitas bioskop pun masih belum kembali normal dan belum ada stok film baru yang masuk sehingga belum banyak yang bisa diharapkan.

Nantinya secara simultan, dia meyakini masih ada pembukaan bioskop lainnya di sejumlah daerah seiring ekosistemnya yang mulai terbangun dan kepastian regulasi dari pemerintah.

“Sekarang saja tidak ada yang tahu kapan [pandemi] akan selesai, gak bisa jawab, serba tidak pasti. [Sementara] ya tegakkan disiplin kita jaga, diutamakan keselamatan,” tekannya.

Sejauh ini, dia memperkirakan pemulihan industri bioskop dan ekosistem di dalamnya membutuhkan waktu setidaknya enam bulan jika melihat dari keadaan saat ini.

Sebelumnya, jaringan bioskop tanah air Cinema XXI akhirnya kembali membuka layanan bioskopnya per Senin (16/11/2020) setelah selama beberapa bulan tutup karena pandemi.

Beberapa bioskop yang sudah dibuka yakni Artah Gading, Basura, Blok M, Citra, City Plaza Jatinegara, Daan Mogot, Gandaria City, Kalibata, Kelapa Gading, Kota Kasablanka, KTM, Metropole, PGC, Plaza Senayan, Pondok Indah, dan Puri.

Sementara itu, emiten ritel bioskop PT Graha Prima Layar Tbk. atau CGV Cinemas telah membuka bioskopnya secara bertahap sejak Rabu (21/10/2020).

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bioskop cinema xxi Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top