Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Baru Lima Hotel di Kota Bogor Tersertifikasi Protokol Standar Kebersihan

Khusus untuk Kota Bogor, Jawa Barat, saat ini baru ada ada lima hotel yang telah diaudit dan disertfikasi CHSE, dan nantinya semua hotel wajib memiliki sertifikat CHSE.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 November 2020  |  05:31 WIB
Fasilitas protokol kesehatan di loby hotel di Kota Bogor. ANTARA/Bisnis - dok hotel
Fasilitas protokol kesehatan di loby hotel di Kota Bogor. ANTARA/Bisnis - dok hotel

Bisnis.com, JAKARTA –  Belum semua hotel dan penginapan mampu memenuhi standar CHSE (Cleanliness, Hygiene, Sanitation, and Environment) yakni protokol dengan standar kebersihan, kesehatan, sanitasi, dan lingkungan yang merupakan program Kemenparekraf.

Khusus untuk Kota Bogor, Jawa Barat, saat ini baru ada ada lima hotel yang telah diaudit dan disertfikasi CHSE, dan nantinya semua hotel wajib memiliki sertifikat CHSE.

"Saat ini baru ada lima hotel di Kota Bogor yang memiliki sertifikat CHSE, termasuk Hotel Asana Grand Pangrango," kata General Manager Hotel Asana Grand Pangrango Eka Gartika, Minggu (15/11/2020).

Hotel Asana Grand Prangrango dinyatakan memenuhi memenuhi 76 indikator CHSE dan mendapat rekomendasi memuaskan dari auditor pada Jumat (13/11) kemarin.

"Nantinya, semua hotel wajib memiliki sertifikat CHSE sebagai jaminan penerapkan prokotol kesehatan berbasis CHSE," katanya.

Eka Gartika menjelaskan, pada pandemi Covid-19 saat ini dinamikanya, bahwa usaha hotel harus menyediakan fasilitas protokol kesehatan dan pemerintah saat ini memprogramkan protokol kesehatan berbasis CHSE.

Dengan adanya program CHSE ini, menurut dia, beberapa kementerian dan lembaga sudah mulai menerapkan aturan untuk kegiatan rapat atau kegiatan lainnya dari kementerian dan lembaga tersebut, memilih hotel bersertifikat CHSE.

"Kementerian dan lembaga maupun perusahaan, nantinya akan membuat persyaratan untuk kegiatan-kegiatan di hotel adalah hotel-hotel yang telah bersertifikat CHSE," katanya.         

General Manager hotel tiga bintang di Kota Bogor ini menjelaskan, hotel yang menerapkan protokol kesehatan dengan maksimal, ketat, dan konsisten, tujuannya untuk melindungi kesehatan semua pihak, baik karyawan maupun customer, sehingga berdampak menciptakan kepercayaan kepada publik.

Adanya sertifikat CHSE ini, menurut da, juga dapat meningkatkan branding untuk bisnis berkelanjutan. "Sertifikasi CHSE inilah programnya untuk menilai apakah hotel dan rstoran sudah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan konsisten atau belum," katanya.

Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan sosialisasi CHSE kepada pelaku usaha sektor hotel dan restoran Kota Bogor, di Kota Bogor, pada 13-14 November 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel bogor Protokol Pencegahan Covid-19

Sumber : Antara

Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top