Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Properti Masih Potensial di Tengah Pandemi

Sebab selama pandemi tidak semua industri dalam kondisi terpuruk.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -  Pelaku industri properti diharapkan tetap optimis dalam menjalankan bisnis, meski Indonesia dalam suasana ketidakpastian akibat krisis kesehatan, yang juga menciptakan krisis ekonomi.

Sebab selama pandemi tidak semua industri dalam kondisi terpuruk.

“Industri properti pada saat seperti ini harus melakukan adaptasi dan antisipasi, karena sulit diprediksi secara pasti apa yang akan terjadi nantinya,” jelas Direktur Eksekutif Indonesia Properti Watch (IPW) Ali Tranghanda dalam keterangan tertulisnya.

Kata Ali, khusus sektor properti terlihat ada pertumbuhan. Seperti pasar properti yang berlokasi di Jabodebek-Banten yang tercatat naik hampir dua kali lipat. Kondisi ini bisa menjadi gambaran jika daya beli masyarakat di Indonesia masih cukup tinggi.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melaporkan, pada kisaran tahun 2030-2040, Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). Pada periode tersebut, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa.

Oleh karena itu menurut Ali, posisi Indonesia masih memperlihatkan tren yang lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain.

Sementara itu, perumahan Podomoro Golf View (PGV), hunian residensial di Depok Jawa Barat masih bisa menjual rumah tapak, disesuaikan dengan kondisi masyarakat masa kini.

“Melalui inovasi yang kami berikan terutama di produk rumah tapak mendapatkan respon yang positif di market, bahkan rumah tapak Terraced House PGV telah _sold out_. Ini juga menandakan bahwa properti di Indonesia masih cukup bergairah,” jelas Rubby I. Widjaja selaku Assistant Vice President of Marketing Podomoro Golf View dalam keterangan tertulisnya.

Bagi Ruby, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa, dimana pada masa pandemi, banyak terdapat pembatasan aktivitas masyarakat namun produk rumah tapak PGV mendapatkan respon positif di pasar.

"Pencapaian ini mencerminkan bahwa daya beli masyarakat tetap ada,” ujar Ruby.

Rubby menambahkan, selama masa pandemi PGV terus beradaptasi dan berinovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat masa kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper