Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk Ban dan Kopi Indonesia Diminati Pebisnis Mesir

Pelaku bisnis di Mesir melakukan kontrak pembelian produk Indonesia senilai US$73 juta pada hari pertama pameran dagang Trade Expo Indonesia-Virtual Exhibition (TEI-VE) yang diselenggarakan mulai 10 November 2020.
Atase Perdagangan KBRI Cairo Irman Adi Purwanto Moefthi (kanan) mendampingi pebisnis Mesir yang bertransaksi di hari pertama pameran perdagangan./KBRI Cairo
Atase Perdagangan KBRI Cairo Irman Adi Purwanto Moefthi (kanan) mendampingi pebisnis Mesir yang bertransaksi di hari pertama pameran perdagangan./KBRI Cairo

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku bisnis di Mesir melakukan kontrak pembelian produk Indonesia senilai US$73 juta pada hari pertama pameran dagang Trade Expo Indonesia-Virtual Exhibition (TEI-VE) yang diselenggarakan mulai 10 November 2020.

TEI-VE dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto serta sejumlah menteri terkait Kabinet Indonesia Maju serta kepala perwakilan RI di luar negeri.

"Meski di masa pandemi, tidak mengecilkan semangat buyer Mesir melakukan pembelian produk Indonesia. Ahamdulillah, nilai transaksinya amencapai US$73 juta dolar atau sekitar Rp1,027 triliun [kurs Rp 14.079] di hari pertama pameran TEI-VE," ujar Kepala Perwakilan RI/KUAI KBRI Cairo, M. Aji Surya melalui keterangan resminya, Rabu (11/11/2020)

Menurutnya, transaksi yang lumayan besar tersebut dapat dicapai berkat upaya KBRI Cairo yang secara terus menerus dan berkelanjutan melakukan pendekatan kepada buyer tradisional maupun baru.

Selama kegiatan pameran, katanya masih banyak harapan terjadi transaksi berbagai bentuk komoditas yang potensial.

“Mesin diplomasi ekonomi kita tidak boleh kendor,” kata Aji.

Transaksi perdagangan tersebut mencakup beberapa produk unggulan Indonesia. Khusus produk manufaktur unggulan seperti ban kendaraan senilai US$30 juta, sabun toilet senilai US$3 juta, dan produk biji kopi dari sektor hasil perkebunan senilai US$40 juta.

Sementara itu, Atase Perdagangan KBRI Cairo Irman Adi Purwanto Moefthi menjelaskan kehadiran buyer Mesir ini menegaskan loyalitas para buyer mengimpor produk unggulan Indonesia sesuai dengan tema TEI-VE pada tahun ini.

"Tema TEI yang diusung tahun ini mengangkat upaya sustainable trade in digital era untuk mendorong keberlanjutan produk Indonesia dan promosi produk dalam negeri ke pasar Mesir dan sekitarnya," katanya.

John Admiral, Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Cairo menambahkan pameran dagang skala internasional secara virtual ini dapat dioptimalkan sebagai bentuk inovasi promosi di tengah pandemi, di antaranya saat ini KBRI Cairo sedang menjajaki pengadaan tenaga kerja terampil ke Mesir, termasuk untuk memenuhi permintaan perawat Indonesia di rumah sakit Mesir, tenaga ahli di bidang konstruksi, perikanan dan proyek-proyek pembangunan pemerintah Mesir lainnya.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) 2020 secara virtual mulai 10 hingga 16 November 2020.

Pameran dagang terbesar Indonesia itu merupakan agenda rutin tahunan untuk mendongkrak ekspor Indonesia ke pasar internasional.

Di TEI ke-35 ini, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto memasang target transaksi sebesar US$1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper