Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11, Ditutup Siang Ini Pukul 12.00 WIB

Bagi Anda penduduk Indonesia minimal berusia 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan formal, bisa mendaftarkan Kartu Prakerja Gelombang 11 secara online melalui situs www.prakerja.go.id
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang. /ANTARA
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 akan ditutup siang ini, Rabu (4/11/2020) pukul 12.00 WIB. Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Project Management Officer (PMO) Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

"Akan ditutup besok [hari ini] siang pukul 12.00 WIB," ungkap Denni seperti dikutip Bisnis, Selasa (3/11/2020).

Kartu Prakerja merupakan program pelatihan kerja yang disediakan pemerintah selama masa pandemi Covid-19. Bagi Anda penduduk Indonesia minimal berusia 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan formal, bisa mendaftarkan diri secara online melalui situs www.prakerja.go.id

Program Kartu Prakerja akan diprioritaskan kepada pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya akibat pandemi Covid-19.

Peserta yang berhasil lolos program Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan non-tunai sebesar Rp1 juta untuk mengikuti pelatihan di lembaga yang sudah bekerja sama dengan pemerintah.

Lalu setelah menyelesaikan dan mendapatkan sertifikat pelatihan pertama, peserta kemudian akan mendapatkan insentif pascapelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan.

"Insentif ini akan diterima selama empat bulan dan akan dikirimkan ke rekening maupun e-wallet yang telah didaftarkan pada akun Kartu Prakerja," tulis PMO Kartu Prakerja seperti dikutip, Rabu (4/11/2020).

Prosedur Pendaftaran

1. Buka situs www.prakerja.go.id dan ikuti petunjuknya.

2. Setelah Anda mendaftarkan diri di website Kartu Prakerja, PMO Kartu Prakerja akan mengirimkan link verifikasi melalui email agar akun bisa digunakan.

3. Jika telah mendapat email verifikasi, silakan isi data diri sesuai dengan KTP dan juga KK. Jangan lupa memasukkan nomor rekening bank dan e-wallet yang masih aktif. E-wallet diperlukan untuk transfer insentif senilai Rp600 ribu.

4. Selanjutnya, Anda akan mengisi pernyataan pendaftar dan kemudian wajib mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.

Tes terdiri dalam 18 soal dan dikerjakan maksimal selama 25 menit dan diperbolehkan menggunakan alat bantu corat-coret. Soal yang diuji berupa pengoperasian matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra," imbuhnya.

Bagi pendaftar yang telah memiliki akun namun kehabisan kuota pada gelombang sebelumnya, Anda bisa langsung mengikuti tes menggunakan akun yang telah terdaftar.

6. Jika Anda telah mengikuti tes, hal terakhir yang diikuti adalah seleksi Gelombang. Pilihlah gelombang yang diinginkan sesuai dengan domisili dengan meng-klik "gabung". Lalu isilah Persetujuan Kartu Prakerja.

7. Setelah semuanya dilakukan, pada saat pengumuman seleksi gelombang, Anda bisa login ke akun. Jangan lupa untuk cek dashboard. Selain itu, biasanya juga akan diberi tahu melalui sms ke nomor handphone yang telah didaftarkan.

Jika Anda lolos, maka Anda bisa membeli dan memulai pelatihan di-platform digital dalam waktu 30 hari. Apabila lewat batas waktu, maka Kartu Prakerja akan dinonaktifkan.

Informasi lengkap seputar pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/faq

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper