Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Libur Panjang, KAI Berangkatkan Lebih dari 30.000 Penumpang

Peningkatan volume pengguna jasa KA juga diikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di stasiun dan di atas KA.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  17:18 WIB
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT KAI Daop 1 Jakarta telah memberangkatkan sebanyak 30.470 penumpang dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota pada libur panjang periode 27 Oktober hingga 30 Oktober 2020. 

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan tujuan favorit para penumpang kali ini antara lain kota Yogyakarta, Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

"Dengan adanya peningkatan penumpang KA tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengoperasikan KA tambahan secara bertahap hingga 27 KA per hari mulai tanggal 27 Oktober hingga 1 November 2020 dengan pemberangkatan 12 KA dari Stasiun Gambir, 13 KA dari Stasiun Pasarsenen dan 2 KA dari Stasiun Jakarta Kota," jelasnya melalui siaran pers, Jumat (30/10/2020).

Meski perjalanan KA ditambah sampai dengan 27 KA per hari dan volume penumpang KA meningkat, tetapi perseroan tetap konsisten menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 baik di area stasiun dan perjalanan KA di atas KA misalnya pembatasan okupansi penumpang maksimal sebanyak 70 persen dari kondisi normal. 

Peningkatan volume pengguna jasa KA juga diikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di stasiun dan di atas KA.

Adapun, penumpang yang akan berangkat diwajibkan melampirkan hasil tes rapid serta pengukuran suhu tubuh. Jika terdapat calon penumpang dengan suhu tubuh diatas 37,3 derajat maka tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan dikembalikan sepenuhnya.

KAI juga memberikan faceshield yang wajib digunakan pengguna jasa sepanjang perjalanan KA sampai dengan stasiun tujuan. Sepanjang perjalanan, petugas juga akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh secara berkala.

Operator pelat merah tersebut juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang untuk penerapan protokol kesehatan seperti penambanan perangkat cuci tangan, hand sanitizer, dan pemasangan tanda batas jarak fisik baik di stasiun dan kereta. 

Bertambahnya penumpang KA jelang libur panjang juga berdampak pada padatnya antrian rapid test di stasiun. Tercatat pada 24 Oktober 2020 hingga 29 Oktober 2020 layanan rapid test di Stasiun Pasar Senen dan Gambir melayani hingga sekitar 12.781 calon penumpang. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api Liburan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top