Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antisipasi Lonjakan Penumpang via Laut, Kemenhub Lakukan Ini

Kemenhub akan melakukan pengawasan secara langsung maupun tidak langsung terhadap 51 pelabuhan panta, dan mengerahkan personel jaga di kantor OP/KSOP/UPP selama masa libur panjang guna mencegah penularan Covid-19.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  15:15 WIB
Sejumlah pemudik beristirahat di dalam kapal laut KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar mudik gratis tujuan Semarang dengan menggunakan kapal laut untuk 7.500 sepeda motor dan 2015 penumpang mudik lebaran 2019 hingga 3 Juni mendatang. - Antara/Nova Wahyudi
Sejumlah pemudik beristirahat di dalam kapal laut KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar mudik gratis tujuan Semarang dengan menggunakan kapal laut untuk 7.500 sepeda motor dan 2015 penumpang mudik lebaran 2019 hingga 3 Juni mendatang. - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan antisipasi berupa pengetatan protokol kesehatan di jalur laut pada libur panjang akhir Oktober 2020 ini. 

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi mengungkapkan bahwa pada masa hari libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, pelayanan angkutan tol laut, logistik, dan ternak tetap berjalan normal guna memenuhi kebutuhan masyarakat. 

“Petugas kami juga sudah disiapkan untuk menjalankan tugas dan kewajibannya pada saat hari libur dan cuti bersama,” katanya, Rabu (28/10/2020).

Selanjutnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi guna mengantisipasi hari libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW di tengah pandemi Covid-19.

Antisipasi tersebut antara lain melalui sosialisasi via video conference kepada para operator pelayaran, perusahaan pelayaran, operator pelabuhan/terminal penumpang, dan otoritas pelabuhan/kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan/unit penyelenggara pelabuhan.

Di samping itu, Kemenhub akan melakukan pengawasan secara langsung maupun tidak langsung terhadap 51 pelabuhan panta, dan mengerahkan personel jaga di kantor OP/KSOP/UPP selama masa libur panjang guna mencegah penularan Covid-19.

Kemenhub juga membentuk grup koordinasi cepat tanggap operator pelayaran, operator pelabuhan dan OP/KSOP/UPP di 51 pelabuhan pantau guna menjaga kelancaran komunikasi.

“Kami juga merencanakan untuk melakukan sosialisasi melalui media sosial kepada masyarakat yang akan menggunakan kapal penumpang, dan akan mengeluarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tentang pelaksanaan angkutan laut penumpang selama libur Nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H,” katanya.

Di sisi lain, pihaknya telah membuat simulasi pembelian tiket dan pelayanan penumpang kapal laut di terminal guna mengantisipasi mudik di pelabuhan dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan. 

“Kami mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan melalui 3M, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Himbauan ini menjadi kunci utama dalam mengendalikan penyebaran virus corona atau Covid-19,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub angkutan laut
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top