Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menhub Imbau Jangan Pulang Minggu (1/11/2020), Bisa Macet!

Kemenhub telah memetakan 3 titik yang diprediksi akan mengalami kepadatan yaitu di Tol arah ke timur, penyeberangan Merak-Bakauheni, dan di bandara.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  14:45 WIB
Kendaraan roda empat menggunakan jalur
Kendaraan roda empat menggunakan jalur "contraflow" menuju arah Sukabumi di pintu keluar Tol Jagorawi KM 44, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju Puncak Bogor menyebabkan jalur menuju arah Sukabumi tersendat sehingga Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO - Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi para pelancong kembali ke Jakarta pada Minggu (1/11/2020), yang sekaligus menjadi puncak arus balik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kepadatan arus balik ke arah Jakarta diprediksi terjadi pada Minggu (1/11/2020). Dia mengimbau masyarakat yang bepergian agar mengatur kepulangan sebelum hari Minggu.

"Saya sarankan yang bisa pulang terlebih dahulu bisa pulang agar tidak terjebak kemacetan," ujarnya, Rabu (28/10/2020).

Menjelang libur panjang akhir Oktober ini, Kemenhub telah melakukan sejumlah upaya antisipasi adanya kenaikan jumlah penumpang dan kendaraan.

Antisipasi dilakukan agar tidak terjadi kembali peningkatan laju penularan Covid-19. Kemenhub telah memetakan 3 titik yang diprediksi akan mengalami kepadatan yaitu di Tol arah ke timur, penyeberangan Merak-Bakauheni, dan di bandara.

Ia mengimbau masyarakat untuk mengatur waktu perjalanan agar jangan bertumpu di satu hari yaitu pada tanggal 28 Oktober 2020, yang diprediksi menjadi puncak arus kendaraan untuk mencegah kepadatan yang berpotensi rawan terjadi penularan.

Budi juga meminta kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi untuk kebaikan bersama.

Kemenhub akan melakukan pengecekan secara acak di simpul-simpul transportasi seperti terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara untuk memastikan protokol kesehatan telah diterapkan dengan baik. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Liburan Arus Balik
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top