Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia-Singapura Sepakat Perkuat Kerja Sama Transisi Energi

Dalam pertemuan yang digelar secara virtual pada Senin (26/10/2020) tersebut, Indonesia dan Singapura membahas isu-isu kerja sama bilateral dan kerja sama regional, salah satunya terkait transisi energi.
Menteri ESDM Arifin Tasrif. Bisnis/Abdullah Azzam
Menteri ESDM Arifin Tasrif. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengadakan pertemuan bilateral dengan Tan See Leng, Minister in the Prime Minister's Office sekaligus Second Minister for Trade and Industry dan Second Minister for Manpower Singapura.

Dalam pertemuan yang digelar secara virtual pada Senin (26/10/2020) tersebut, keduanya membahas isu-isu kerja sama bilateral dan kerja sama regional, salah satunya terkait transisi energi.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan kembali bahwa kerja sama internasional dibutuhkan dalam mendukung transisi energi.

"Pertemuan bilateral dengan Singapura diharapkan dapat semakin meningkatkan kerja sama menghadapi berbagai tantangan transisi energi", ujar Arifin, dikutip dari siaran pers, Rabu (28/10/2020).

Kedua menteri bersepakat tentang melimpahnya potensi kerja sama transisi energi yang dapat dikembangkan kedua negara dan perlu diperkuat lebih lanjut, salah satunya potensi panas bumi di Sumatra.

Singapura juga menyampaikan penghargaan atas partisipasi Menteri ESDM dalam Singapore International Energy Week (SIEW) 2020.

Dalam kerja sama bilateral di sektor energi yang cukup vital adalah pasokan gas untuk Singapura. Selain kerjasama tersebut, saat ini Singapura juga memiliki berbagai investasi di Indonesia dalam subsektor migas, ketenagalistrikan, minerba, dan energi baru terbarukan.

Pada kerja sama regional, Singapura menjadi ketua Regional Energy Policy and Planning Sub Sector Network (REPP-SSN), yang bertanggung jawab akan penyusunan Asean Plan of Action on Energy Cooperation Phase 2: 2021-2025. Dokumen kerja sama ini akan disahkan oleh Menteri Energi Asean pada pelaksanaan Asean Ministers' on Energy Meeting ke-38 pada November 2020.

REPP-SSN juga akan meluncurkan dokumen 6th Asean Energy Outlook, yang dikembangkan berdasarkan kebijakan energi dan target sepuluh negara anggota Asean. Dokumen ini akan menjadi sumber utama informasi, analisis, dan proyeksi energi di kawasan, dan memberikan wawasan yang mendalam tentang tren pasokan dan konsumsi energi Asean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper