Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos BI Paparkan 4 Strategi untuk Dorong Transformasi UMKM Sektor Pangan

Transformasi UMKM pangan ke dalam ekosistem terintegrasi menjadi sangat penting guna mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8/2020), Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8/2020), Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan empat kunci untuk mendorong transformasi usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), khususnya sektor pangan.

Perry mengatakan transformasi UMKM pangan ke dalam ekosistem terintegrasi menjadi sangat penting guna mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ekosistem terintegrasi tersebut harus disertai adaptasi penggunaan teknologi digital dari sisi produksi, yaitu ketersediaan pasokan dari input dan pembiayaan ke UMKM produsen, ke sisi distribusi, yaitu dengan korporasi, distributor dan agregator, hingga ke konsumen.

Strategi pertama yang harus ditempuh kata Perry adalah korporatisasi, yaitu pembentukan klaster atau kelompok UMKM untuk memperkuat skala ekonomi. Kedua, peningkatan kapasitas baik produksi, keuangan, dan pemasaran.

"Ketiga, peningkatan akses pembiayaan baik dari perbankan maupun teknologi finansial [tekfin] dan keempat, digitalisasi baik di sisi produksi hingga pemasaran," katanya, Kamis (22/10/2020).

Perry menuturkan, sejumlah model bisnis ekosistem UMKM pangan terintegrasi tersebut telah dikembangkan di sejumlah daerah, kerja sama pemerintah pusat dan daerah dengan BI serta berbagai pihak lainnya. Salah satunya, ekosistem UMKM penghasil bawang merah di Brebes, Jawa Tengah.

"Dari model bisnis ini, penghasil bawang merah di Brebes telah memperkuat kelembagaannya dengan korporatisasi, mampu meningkatkan nilai tambah produk, memperoleh akses pembiayaan, serta berhasil melakukan kerja sama untuk memasarkan produknya secara lebih luas di dalam negeri, termasuk melalui platform digital, hingga menembus pasar ekspor," jelasnya.

Pemanfaatan teknologi digital dalam model bisnis UMKM di sektor pertanian secara end-to-end pun juga berkembang di sejumlah daerah, membentuk supply chain, baik di sisi hulu maupun sisi hilir.

Perry menambahkan, BI berkomitmen terus bersinergi dalam mendorong ekosistem digital UMKM yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

"Dengan sinergi yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BI, kami yakini transformasi digital UMKM menjadi salah satu fondasi dalam upaya mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper