Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bos BI Paparkan 4 Strategi untuk Dorong Transformasi UMKM Sektor Pangan

Transformasi UMKM pangan ke dalam ekosistem terintegrasi menjadi sangat penting guna mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  21:58 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan empat kunci untuk mendorong transformasi usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), khususnya sektor pangan.

Perry mengatakan transformasi UMKM pangan ke dalam ekosistem terintegrasi menjadi sangat penting guna mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ekosistem terintegrasi tersebut harus disertai adaptasi penggunaan teknologi digital dari sisi produksi, yaitu ketersediaan pasokan dari input dan pembiayaan ke UMKM produsen, ke sisi distribusi, yaitu dengan korporasi, distributor dan agregator, hingga ke konsumen.

Strategi pertama yang harus ditempuh kata Perry adalah korporatisasi, yaitu pembentukan klaster atau kelompok UMKM untuk memperkuat skala ekonomi. Kedua, peningkatan kapasitas baik produksi, keuangan, dan pemasaran.

"Ketiga, peningkatan akses pembiayaan baik dari perbankan maupun teknologi finansial [tekfin] dan keempat, digitalisasi baik di sisi produksi hingga pemasaran," katanya, Kamis (22/10/2020).

Perry menuturkan, sejumlah model bisnis ekosistem UMKM pangan terintegrasi tersebut telah dikembangkan di sejumlah daerah, kerja sama pemerintah pusat dan daerah dengan BI serta berbagai pihak lainnya. Salah satunya, ekosistem UMKM penghasil bawang merah di Brebes, Jawa Tengah.

"Dari model bisnis ini, penghasil bawang merah di Brebes telah memperkuat kelembagaannya dengan korporatisasi, mampu meningkatkan nilai tambah produk, memperoleh akses pembiayaan, serta berhasil melakukan kerja sama untuk memasarkan produknya secara lebih luas di dalam negeri, termasuk melalui platform digital, hingga menembus pasar ekspor," jelasnya.

Pemanfaatan teknologi digital dalam model bisnis UMKM di sektor pertanian secara end-to-end pun juga berkembang di sejumlah daerah, membentuk supply chain, baik di sisi hulu maupun sisi hilir.

Perry menambahkan, BI berkomitmen terus bersinergi dalam mendorong ekosistem digital UMKM yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

"Dengan sinergi yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BI, kami yakini transformasi digital UMKM menjadi salah satu fondasi dalam upaya mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia umkm perry warjiyo
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top