Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dirut Pertamina Termasuk Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menempati peringkat ke-16 dalam daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia versi Fortune. Nicke disebutkan mengawasi perusahaan dengan pendapatan tahunan lebih dari US$54,6 miliar dan sekitar 32.000 karyawan di seluruh dunia.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  23:45 WIB
Direktur Utama PT Nicke Widyawati / Antara - Reno Esnir
Direktur Utama PT Nicke Widyawati / Antara - Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menempati peringkat ke-16 sebagai Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia (Most Powerful Women International) 2020 versi Fortune.

Fortune pada Rabu (21/10/2020) merilis daftar 50 perempuan paling berpengaruh di dunia dan perempuan kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 25 Desember 1967 itu menempati posisi ke-16.

Laman resmi Fortune memberikan penjelasan bahwa sebagai CEO dan Dirut Pertamina, Nicke mengawasi perusahaan dengan pendapatan tahunan lebih dari US$54,6 miliar dan sekitar 32.000 karyawan di seluruh dunia.

Fortune menjelaskan bahwa Nicke seorang insinyur, mulai memimpin Pertamkina pada 2018 setelah pendahulunya, Elia Massa Manik, diberhentikan di tengah upaya restrukturisasi.

Pemerintah Indonesia baru-baru ini menegaskan kembali kepercayaan kepada Nicke untuk melakukan transformasi perusahaan menjadi perusahaan induk dengan anak perusahaan terbuka selama 2 tahun ke depan.

Namun, pada perkembangannya, pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan yang membuat pada April, Pertamina menurunkan target produksi minyak karena permintaan yang lebih rendah dan pemotongan biaya dan belanja modal.

Dalam daftar tersebut, berada di posisi teratas adalah Emma Walmsley, perempuan Inggris, yang menduduki posisi CEO GlaxoSmithKline, perusahaan farmasi yang berpusat di Brentford, Inggris.

Dia diikuti oleh Jessica Tan, perempuan yang saat ini menjabat sebagai Co-CEO dan Executive Director perusahaan China Ping An Group, di posisi kedua serta Ana Botin, Executive Chairman Banco Santander, bank yang berbasis di Madrid, Spanyol, di posisi ketiga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina fortune
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top